[SALAH] IPK GIBRAN 2,3

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga

Faktanya, tidak ada artikel ataupun pernyataan resmi yang menyebutkan bahwa nilai yang diperoleh Gibran Rakabuming Raka di universitas luar negeri, setara dengan nilai IPK 2,3.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
archive.fo/I7WSz

=====
[NARASI]:

“Ternyata IP si gibran itu 2,3
Makanya anak si jokowi ini GOBLOG….BEGO dan TOLOL”

=====
[PENJELASAN]:

Sebuah akun media sosial Facebook bernama Adi Wicaksono membagikan sebuah informasi yang cukup menarik perhatian pada Kamis, 25 Januari 2024 lalu. Pasalnya, dalam unggahan tersebut, akun ini menyebutkan sebuah klaim yang menyatakan bahwa calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, memiliki nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) sebesar 2,3. Selain melalui media sosial Facebook, isu mengenai IPK Gibran sebesar 2,3 sudah terlebih dahulu dibicarakan melalui media sosial X, hingga saat ini. Lalu apakah benar, bahwa Gibran memiliki IPK sebesar 2,3?

Isu mengenai nilai IPK Gibran sebesar 2,3 berawal dari cuitan sebuah akun di media sosial X yang menyebutkan bahwa Gibran lulus dengan nilai “Lower Second Class Honours” atau setara dengan nilai 48. Klaimnya ini didasari dari keterangan yang tercantum di dalam ijazah milik Gibran, yang belakangan tersebar di media sosial usai Gibran menunjukkan ijazah asli miliknya untuk menepis tuduhan ijazah palsu yang ditujukan kepadanya. Akun X tersebut juga menambahkan, bahwa nilai yang berada di rentang itu, setara dengan IPK 2,3 di Indonesia. Hal inilah yang kemudian mengundang beragam spekulasi dari masyarakat mengenai kompetensi dan kapabilitas Gibran yang maju sebagai calon wakil presiden di Pemilu 2024.

Namun sampai saat ini, tidak ada artikel resmi ataupun keterangan resmi dari pihak yang berwenang dan terkait, yang menyebutkan bahwa Gibran memiliki nilai setara IPK 2,3. Melansir dari artikel CNN Indonesia, Gibran pun secara tegas membantah hal tersebut.

“2,3 itu menurut siapa? Apa dia tahu nilai-nilainya?”, ujar Gibran.

Pakar pendidikan dari Universitas Negeri Semarang, Edi Subkhan, menjelaskan bahwa “Second Class Honour Second Division” yang diperoleh oleh Gibran merupakan sebuah tingkatan nilai. Di Inggris, Lower second class atau dikenal dengan istilah 2:2 atau Desmond, merupakan gelar yang biasa digunakan sebagai salah satu persyaratan untuk dapat melamar pekerjaan. Predikat ini setara dengan nilai C atau 50-59.

“Itu sepertinya grading scale. Klasifikasi nilai-nilai mahasiswa tersebut,” kata Edi.

Jadi dapat disimpulkan, klaim yang menyebutkan bahwa Gibran Rakabuming Raka memiliki IPK sebesar 2,3, merupakan sebuah klaim yang keliru dan termasuk ke dalam kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://m.kumparan.com/kumparannews/respons-gibran-soal-ramai-nilai-ipk-2-3-dia-punya-ijazah-saya-221vsvZLzvT

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240125072301-617-1054092/gibran-heran-ijazahnya-dari-bradford-disetarakan-ipk-23-masa-sih

=====
https://www.facebook.com/groups/indonesiabersuara2021/permalink/3920820478145723/

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-ipk-gibran-23