[SALAH] ENAM AHLI HUKUM BUKTIKAN JOKOWI SENGAJA GUNAKAN APBN UNTUK KAMPANYE

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan pemberitaan terkait enam ahli hukum buktikan Jokowi sengaja gunakan APBN untuk kampanye. Beberapa cuplikan video yang ditampilkan juga tidak mendukung klaim narasi.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1706552062.728183/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
GEMPAR SORE INI || 6 AHLI HUKUM NYATAKAN JOKOWI BERSALAH ,SAMPAI SAMPAI BUKU HITAM INI JADI BUKTINYA

BERITA TERBARU
BUKU HITAM ISTANA TERBONGKAR
6 AHLI HUKUM BUKTIKAN JOKOWI SENGAJA GUNAKAN APBN UNTUK KAMPANYE

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube KUMPARAN TV thumbnail enam orang duduk di depan spanduk Ganjar-mahfud dengan kotak hitam di meja bernarasikan enam ahli hukum buktikan Jokowi sengaja gunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk kampanye.

Setelah ditelusuri, dari awal hingga akhir video tidak terdapat informasi terkait klaim yang beredar. Video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut bersumber dari artikel kompas.com berjudul “Polemik Jokowi Memihak dan Kampanye Dinilai Cara menutupi Pelanggaran Etika dengan Kesalahan” yang dimuat pada 25 Januari 2024.

Artikel tersebut membahas terkait Pernyataan Presiden Jokowi yang menyebut kepala negara dan kepala pemerintahan boleh memihak dan berkampanye dianggap hanya alasan untuk menutupi deretan pelanggaran etika politik yang dia lakukan sebelumnya.

Thumbnail yang menampilkan enam orang duduk di depan sanduk Ganjar-Mahfud dengan kotak hitam di meja merupakan foto ketika Direktur Penegakan Hukum dan Advokasi Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Ifdhal Kasim menggelar konferensi persnya di Media Center Ganjar-Mahfud, Jakarta Pusat, Kamis, 30 November 2023.

Foto tersebut dimuat pada artikel suara.com dengan judul “TPN Ganjar-Mahfud Tuding Ada Perlakuan Intimidatif, Surat Panggilan untuk Aiman Diantar Tengah Malam” yang tayang pada 30 November 2023 dan dalam foto aslinya tidak terdapat kotak hitam di meja.

Dengan demikian, klaim narasi yang menyatakan enam ahli hukum buktikan Jokowi sengaja gunakan APBN untuk kampanye tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://nasional.kompas.com/read/2024/01/25/13011141/polemik-jokowi-memihak-dan-kampanye-dinilai-cara-menutupi-pelanggaran-etika?page=all

https://www.suara.com/kotaksuara/2023/11/30/213102/tpn-ganjar-mahfud-tuding-ada-perlakuan-intimidatif-surat-panggilan-untuk-aiman-diantar-tengah-malam

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-enam-ahli-hukum-buktikan-jokowi-sengaja-gunakan-apbn-untuk-kampanye