[SALAH] CAK IMIN BACA BUKU GAUL UNTUK HADAPI SINGKATAN-SINGKATAN GIBRAN PADA DEBAT CAWAPRES KEDUA

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga

Faktanya, buku yang dibaca oleh Cak Imin pada gambar aslinya merupakan buku karyanya sendiri yang berjudul, “GAGASAN CAK IMIN, Untuk Perlindungan Pekerja Migran Indonesia”.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: Konten Parodi

=====

[SUMBER]: Instagram
https://archive.fo/Bb5kt

=====
[NARASI]:

“Gibran Berencana Pakai Singkatan Lagi saat Debat Cawapres Kedua,
Persiapan Cak Imin:
KAMUS GAUL BAHASA INGGRIS”

=====
[PENJELASAN]:

Sebuah unggahan foto beredar melalui media sosial Instagram. Dibagikan oleh akun bernama @netizenoninternet, tampak tangkapan layar dari sebuah artikel berita yang menyatakan bahwa cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, disebutkan akan kembali menggunakan singkatan-singkatan pada debat cawapres kedua. Namun di bawahnya, tampak pula foto dari cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), tengah membaca sebuah buku yang memiliki judul besar, “KAMUS GAUL BAHASA INGGRIS”, yang disebut sebagai persiapan dirinya untuk menghadapi singkatan-singkatan Gibran pada debat cawapres kedua. Lalu benarkah buku yang dibaca oleh Cak Imin tersebut merupakan buku kamus gaul?

Namun, setelah melakukan pemeriksaan pada foto dari Cak Imin tersebut, didapati sebuah fakta yang menunjukkan bahwa foto yang digunakan pada unggahan tersebut merupakan foto hasil editan. Penampakan asli dari foto tersebut dapat dilihat dalam salah satu artikel milik Inews.id yang berjudul, “KPK Periksa Cak Imin sebagai Saksi Kasus Pengadaa  Sistem Proteksi TKI di Kemnaker Besok”. Di dalam gambar aslinya, tampak Cak Imin dengan gaya yang serupa, sedang membaca buku karyanya sendiri yang berjudul, “GAGASAN CAK IMIN, Untuk Perlindungan Pekerja Migran Indonesia”.

Jadi dapat disimpulkan, foto Cak Imin yang tengah membaca buku kamus gaul sebagai persiapan menghadapi singkata -singkatan dari Gibran pada debat cawapres yang kedua, merupakan foto hasil editan dan termasuk ke dalam kategori parody content atau konten parodi.

=====
[REFERENSI]:

https://www.inews.id/news/nasional/kpk-periksa-cak-imin-sebagai-saksi-kasus-pengadaan-sistem-proteksi-tki-di-kemnaker-besok

=====

https://www.instagram.com/p/C19SlE1rXI4/?igsh=cDZjZWsxenF4NXp3

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-cak-imin-baca-buku-gaul-untuk-hadapi-singkatan-singkatan-gibran-pada-debat-cawapres-kedua