[SALAH] AYAH PRABOWO KETURUNAN CINA

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga

Faktanya, ayah Prabowo yang bernama Soemitro Djojohadikoesoemo merupakan anak sulung dari keluarga ningrat Jawa, Raden Mas Margono Djojohadikoesoemo.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.fo/u1ZTK

=====
[NARASI]:

“Inilah Ayah Prabowo Subianto, Keturunan China, Itu Fakta”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar unggahan melalui media sosial Facebook, dari akun bernama Gusti pada 15 Januari 2024 lalu. Di dalam unggahannya, akun tersebut menampilkan sebuah foto yang diklaim sebagai foto dari ayah Prabowo Subianto. Klaim tersebut juga menyebutkan bahwa faktanya, ayah dari Prabowo tersebut merupakan seseorang yang berasal dari keturunan Cina.

Namun setelah melakukan penelusuran lebih lanjut, didapati sebuah fakta yang menunjukkan bahwa klaim yang terdapat di dalam unggahan tersebut merupakan klaim yang keliru. Melansir dari artikel milik okezone.com, Prabowo merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Ayahnya bernama Soemitro Djojohadikoesoemo dan ibunya bernama Dora Marie Sigar.

Soemitro Djojohadikoesoemo merupakan salah satu sosok ekonom yang paling berpengaruh dalam sejarah Indonesia. Soemitro lahir di Kebumen, Keresidenan Kedu pada tanggal 29 Mei 1917. Ia merupakan anak sulung dari keluarga ningrat Jawa, Raden Mas Margono Djojohadikusumo, seorang pegawai tingkat menengah dalam pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Soemitro yang merupakan anak keturunan ningrat Jawa ini pernah menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Ekonomi Belanda Rotterdam dan berhasil lulus pada tahun 1937.

Jadi dapat disimpulkan, klaim yang menyebutkan bahwa ayah dari Prabowo merupakan seseorang yang berasal dari keturunan Cina merupakan klaim yang keliru dan termasuk ke dalam kategori misleadint content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://nasional.okezone.com/read/2023/01/24/337/2751797/siapa-ayah-dari-prabowo-subianto-ini-sosoknya-bukan-orang-sembarangan

https://www.suara.com/lifestyle/2023/10/20/122517/profil-soemitro-djojohadikusumo-ayah-prabowo-subianto-yang-diidolakan-bj-habibie

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Soemitro_Djojohadikoesoemo#:~:text=Prof.%20Dr.%20Soemitro%20Djojohadikoesoemo%20(,seorang%20ekonom%20dan%20politikus%20Indonesia.

=====
https://www.facebook.com/groups/407178259747006/permalink/1786602238471261/

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-ayah-prabowo-keturunan-cina