[SALAH] Video Pengungsi Rohingya Membakar Gudang di Aceh Karena Tidak Dikasih Uang

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video kebakaran tersebut berada di Kota Cimahi, Jawa Barat yang memperlihatkan kebakaran perusahaan tekstil. Kebakaran tersebut diakibatkan oleh korsleting listrik, tidak ada kaitannya dengan Rohingya.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: TikTok

https://perma.cc/LN7D-BUNV

= = =

Narasi:

“Pengungsi rohingya membakar gudang di aceh krena mengamuk tak di ksih uang”

“lagi dan lagi berita Rohingya #Kebakaran #rohingnya #tolakunhcrindonesia #bubarkanunhcrindonesia #usirunhcrdaribumi:flag-id:”

= = =

Penjelasan:

Beredar video di TikTok sebuah gedung terbakar yang diklaim merupakan salah satu gudang di Aceh yang dibakar oleh pengungsi Rohingya, disebutkan juga bahwa pengungsi membakar gudang sebagai bentuk protes karena tidak dikasih uang.

Faktanya video tersebut merupakan kejadian dari terbakarnya gudang tekstil milik PT. Sinar Pangjaya Mulia di Cimahi, Jawa Barat. Kejadian tersebut terekam pada Mei 2020. TribunNews.com yang juga memposting video tersebut pada laman beritanya menyebut bahwa kebakaran yang menghanguskan bedeng karyawan dan ruang arsip diakibatkan oleh korsleting listrik.

Dengan demikian, pengungsi Rohingya membakar Gudang di Aceh adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-video-pengungsi-rohingya-membakar-gudang-di-aceh-karena-tidak-dikasih-uang

https://video.tribunnews.com/view/144416/kebakaran-di-cimahi-hanguskan-sebagian-bangunan-ini-dugaan-penyebabnya#google_vignette

= = =