[SALAH] Video Pengungsi Rohingya Bakar Bangunan di Aceh

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ

Video yang diklaim pengungsi Rohingya membakar bangunan di Aceh tidak benar. Video yang asli merupakan kebakaran di PT Sinar Pangjaya pada Kamis, 7 Mei 2020.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: konten yang menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Tik Tok
https://archive.cob.web.id/archive/1705290917.542635/index.html

= = = = =

NARASI:

“Pengungsi rohinigya membakar gudang di aceh krena mengamuk tak di ksih uang”

= = = = =
PENJELASAN:

Akun Tik Tok fyp_fourtune memposting sebuah video sebuah bangunan yang terbakar. Video tersebut diklaim merupakan video pengungsi Rohingya yang membakar gudang di Aceh karena tidak diberi uang.

Setelah ditelusuri ditemukan video yang identik pada kenal YouTube Tribun Bogor Travel berjudul “Kebakaran di Cimahi Hanguskan Sebagian Bangunan, Ini Dugaan Penyebabnya” pada 8 Mei 2020. Video tersebut merupakan kebakaran yang menghanguskan bedeng karyawan dan ruang arsip PT Sinar Pangjaya dan beberapa benda berharga lainnya. Kebakaran pada Kamis, 7 Mei 2020 tersebut diduga dipicu karena korsleting arus listrik. Video pengungsi Rohingya yang membakar bangunan tersebut merupakan hoaks lama yang kembali beredar.

Dengan demikian video yang diklaim pengungsi Rohingya membakar bangunan di Aceh tidak benar. Video yang asli merupakan kebakaran di PT Sinar Pangjaya pada Kamis, 7 Mei 2020, sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.youtube.com/watch?v=YrZJlCltgwM
https://jabar.tribunnews.com/2020/05/07/kebakaran-di-cimahi-hanguskan-sebagian-bangunan-mobil-dan-motor-berikut-dugaan-penyebabnya
https://turnbackhoax.id/2024/01/04/salah-pengungsi-rohingya-bakar-gudang-di-aceh-karena-gak-dikasih-uang/

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-video-pengungsi-rohingya-bakar-bangunan-di-aceh