[SALAH] Perekrutan 100 Guru PPPK Sarjana Penjas untuk SD Kota Kendari

Informasi tersebut HOAKS. Hal ini telah diklarifikasi oleh BKPSDM Kota Kendari.

KATEGORI: FABRICATED CONTENT/ KONTEN PALSU

===

SUMBER: WHATSAPP

===

NARASI: Assalamualaikum, ada keluarga yang sarjana penjas? Kebetulan dibutuhkan untuk guru PPPK di SD Kota Kendari, kuota 100 tapi yang mendaftar baru 29 orang

===

PENJELASAN: Beredar melalui pesan berantai WhatsApp perihal informasi adanya perekrutan guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Dalam narasi yang beredar, disebutkan bahwa Pemerintah Kota Kendari tengah membuka sebanyak 100 kuota lowongan guru Pendidikan Jasmani (Penjas), untuk SD Kota Kendari.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, pesan berantai tersebut hoaks. Melansir dari Kendarinews.com, pihak Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Kendari mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya akan informasi yang beredar di media sosial dan aplikasi percakapan.

Kepala BKPSDM Kota Kendari, melalui Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi BKPSDM Kendari, Laode Marfin N mengungkapkan bahwa informasi tersebut HOAKS.

“Informasi itu tidak benar, itu Hoaks. Tidak tau siapa yang menyebarkan informasi menyesatkan, karena kami dari BKPSDM Kendari tidak pernah mengeluarkan pernyataan seperti itu,” tegas Marfin.

Marfin menambahkan bahwa segala informasi yang berkaitan dengan penerimaan tenaga PPPK akan diumumkan melalui laman-laman resmi pemerintah Kota Kendari.

“Jadi kepada masyarakat jangan mudah percaya pada info info yang tidak jelas. Jika butuh informasi mengenai pengadaan atau penerimaan silahkan buka website resmi pemerintah. Hal itu untuk menghindarkan masyarakat dari oknum oknum tidak bertanggungjawab,” ujar Marfin.

Berdasar seluruh referensi, informasi perihal perekrutan 100 guru PPPK Sarjana Penjas untuk SD Kota Kendari adalah PALSU. Informasi tersebut masuk ke dalam hoaks dengan kategori fabricated content atau konten palsu.

===

REFERENSI:

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-perekrutan-100-guru-pppk-sarjana-penjas-untuk-sd-kota-kendari
https://kendarinews.com/2024/01/23/formasi-sarjana-penjas-untuk-guru-pppk-kota-kendari-adalah-hoaks-ini-pernyataan-bkpsdm/?amp=1
https://zonasultra.id/hoaks-perekrutan-100-guru-pppk-sarjana-penjas-untuk-sd-kota-kendari.html/amp