[SALAH] Penikaman di Tempat Pemungutan Suara di Tainan, Taiwan 2024

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Polisi setempat menyampaikan bahwa tidak ada laporan penikaman di beberapa TPS di Tainan. Gambar yang dijadikan bukti tersebut telah beredar sejak 2016 mengenai serangan penikaman menggunakan pisau di sebuah kafe di Jinshan, Fuzhou.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://perma.cc/J53U-3VCN

= = =

Narasi:

“Pada hari pemungutan suara di Tainan, serangkaian penikaman terjadi! Orang yang menyaksikan ketakutan: Adegan itu mengeluarkan banyak darah dan pembunuhnya diduga melarikan diri.”

= = =

Penjelasan:

Beredar postingan Facebook yang memberitakan bahwa pada hari pemungutan suara di Tainan, Taiwan, terdapat serangkaian penikaman yang menimbulkan banyak darah dan pembunuhnya melarikan diri. Diketahui Taiwan baru saja mengadakan pemilihan umum pada 13 Januari 2024.

Namun setelah ditelusuri klaim tersebut menyesatkan. Melalui AFP, kepolisian setempat menyampaikan bahwa tidak ada laporan terkait dugaan penikaman tersebut. Penelusuran melalui gambar yang dijadikan bukti korban mengeluarkan banyak darah, ditemukan gambar tersebut sudah lama beredar melalui News.Ijjnews.com yang memberitakan terkait penikaman di sebuah kafe di Jinshan, Fuzhou.

Dengan demikian, penikaman di Tempat Pemungutan Suara di Tainan, Taiwan 2024 adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.34EQ78Q

http://news.ijjnews.com/system/2016/09/15/010966386.shtml

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-penikaman-di-tempat-pemungutan-suara-di-tainan-taiwan-2024

= = =