[SALAH]: “Elite PDIP deklarasi dukungan untuk Anies dan Muhaimin”

Hasil periksa fakta Yudho ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Elite PDIP deklarasi dukungan untuk Anies dan Muhaimin.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: YOUTUBE
https://archive.cob.web.id/archive/1706181605.797964/index.html

=====
[NARASI]: :bangbang: ELITE PDIP GELAR DEKLARASI DUKUNG ANIES-MUHAIMIN

=====

[PENJELASAN]:
Channel youtube bernama “Suara Rakyat” pada tanggal 18 Januari 2024 membagikan video dengan narasi Elite PDIP deklarasi dukungan untuk Anies dan Muhaimin.

Setelah melakukan penelusuran, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut identik dengan artikel Liputan6.com dengan judul artikel “Anies dan Ganjar Sama-sama Keliling Jatim di Tengah Isu Koalisi”.

Salah satu klip pada video tersebut identik dengan video di kanal youtube milik Official iNews dengan judul video “Lautan Manusia Tumpah Ruah Ikut Jalan Sehat Ganjar di Makassar” yang diunggah pada bulan November 2023.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim tentang Elite PDIP deklarasi dukungan untuk Anies dan Muhaimin adalah salah dan amsuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://www.liputan6.com/pemilu/read/5504317/anies-dan-ganjar-sama-sama-keliling-jatim-di-tengah-isu-koalisi
https://www.youtube.com/watch?v=h1X7d_oftks
[SALAH]: “Elite PDIP deklarasi dukungan untuk Anies dan Muhaimin”