[SALAH] Pendukung Anies Baswedan di Papua Nugini Membludak

Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya, video yang digunakan merupakan cuplikan kerumunan massa kegiatan perayaan Divina Pastora di Barquisimeto Venezuela yang dirayakan setiap tanggal 14 Januari.  

==========================
KATEGORI: KONTEN MENYESATKAN

Penggunaan Informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu

==========================
NARASI
Akun Tiktok @stayw1thyo https://vt.tiktok.com/ZSF1SvdET/ /  https://ghostarchive.org/archive/dzuoK (arsip) mengunggah sebuah video yang menampilkan lautan manusia dengan klaim merupakan massa pendukung Anies Baswedan di Papua Nugini.

Dalam unggahan tersebut, @stayw1thyo menulis narasi sebagai berikut:
“Biyuuhhh…. Para pendukung Anies Baswedan di Papua Nugini Membludak
Semoga anies terpilih jadi Presiden Papua Nugini” dibagikan pada 16 Januari 2024 dan telah dibagikan sebanyak 2405 kali.

==========================
PENJELASAN:
Beredar sebuah video yang menampilkan lautan manusia dengan klaim bahwa massa tersebut merupakan pendukung Anies Baswedan di Papua Nugini. Video yang sama juga pernah digunakan dengan klaim merupakan video pendukung 02 di Jawa Timur.

Setelah dilakukan cek fakta menggunakan tools Google Lens, video tersebut merupakan cuplikan kegiatan perayaan Divina Pastora di Barquisimeto Venezuela pada 14 Januari 2024.

Divina Pastora merupakan ritus tahunan yang dilakukan oleh umat Katolik di Negara Bagian Lara, yang mana prosesinya diikuti oleh lebih dari 2 juta orang. Mereka memikul salib dari Iglesia de la Divina Pastora di Santa Rosa dekat Barquisimeto hingga ke Gereja Katedral Metropolitan Barquisimeto (Catedral de Barquisimeto).

Dengan demikian, klaim pada narasi yang menyebut bahwa lokasi video ini berada di Papua Nugini ataupun Jawa Timur, tidak benar.

========================
REFERENSI:
(1)    https://vt.tiktok.com/ZSF1ALcjy/
(2)    https://en.wikipedia.org/wiki/Divina_Pastora_%28Barquisimeto%29
(3)    https://www.vaticannews.va/pt/igreja/news/2021-01/venezuela-peregrinacao-virtual-divina-pastora-pandemia.html