[SALAH] Para Kader PSI Berpindah Haluan Mendukung Paslon 03

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Isi yang disajikan dalam video tidak menjelaskan informasi yang sesuai pada judul. Isi video justru hanya membahas mengenai Relawan Solata yang terdiri dari masyarakat etnis Toraja mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar-Mahfud dalam Pemilu 2024.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Youtube https://archive.cob.web.id/archive/1706462053.642638/index.html  (arsip)

===========

[NARASI]: “GIBRAN KERINGAT DINGIN‼️RIBUAN KADER PSI PUTAR BALIK DUUUNG GANJAR CAPRES 2024”

===========

[PENJELASAN]: 

Sebuah video Youtube yang diunggah 21 Januari 2024 lalu membagikan video yang berisikan klaim tentang ribuan kader PSI yang berbalik dukungan untuk paslon 03.

Namun setelah disimak isi video hanya berisi penjelasan dari narator yang membacakan ulang sebuah artikel dari Antaranews.com yang berjudul “Relawan Solata deklarasikan dukungan kepada Ganjar-Mahfud”.

Dalam artikel tersebut hanya berisi pemberitaan mengenai Relawan Solata yang terdiri dari masyarakat etnis Toraja mendeklarasikan dukungan kepada capres/cawapres Ganjar-Mahfud dalam Pemilu 2024 (19/11/2023).

Berdasarkan hal itu maka dapat disimpulkan jika terdapat ketidaksesuaian narasi antara judul dengan narasi yang disampaikan dalam isi video, isi video tidak ada sama sekali menyinggung mengenai ribuan Kader PSI yang pindah dukungan untuk Ganjar.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.antaranews.com/berita/3830646/relawan-solata-deklarasikan-dukungan-kepada-ganjar-mahfud

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-para-kader-psi-berpindah-haluan-mendukung-paslon-03