[SALAH] Pak Jokowi Jalan Kaki Dikarenakan Ban Bocor

Periksa Fakta Vania.
Faktanya, Pak Jokowi turun dari mobil dikarenakan sedang mengukur jalan, sedangkan mobil Jokowi berhenti dikarenakan akan memindahkan kaos. 

=====    

KATEGORI: Konteks yang Salah

=====    

Sumber: TikTok
https://ghostarchive.org/archive/tXvBk

=====    

Narasi  
President Jokowi pilih jln kaki ketimbang tunggu di mobil ketika ban bocor, lha yg lain blm tentu gtu #jokowidodo #baspupr #beritaviral

=====   

Penjelasan: 
Akun TikTok @fable62 mengunggah video yang meliput Jokowi sedang berjalan kaki, serta mobil kepresidenan sedang berhenti diduga ban bocor di sepanjang jalan Sragen-Grobogan-Blora.

Setelah dilakukan penelusuran, hal tersebut telah diklarifikasi oleh pihak Koordinator Stafsus Presiden, Ari Dwipayana. Beliau mengatakan bahwa hal yang menyebutkan ban mobil yang bocor adalah salah. 

Mobil kepresidenan tersebut berhenti dikarenakan tengah memindahkan kaos, kemudian paspampres yang terlihat jongkok di dekat ban dikarenakan masih ada Ibu Iriana yang berada di dalam mobil. 

Kemudian, Pak Jokowi yang terlihat sedang berjalan sebenarnya sedang mengukur jalan bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

=====     

Referensi: 
https://m.antaranews.com/berita/3932850/ban-mobil-jokowi-bocor-saat-kunjungan-kerja-ke-jawa-tengah-benarkah?utm_source=antaranews&utm_medium=mobile&utm_campaign=latest_category

https://news.detik.com/berita/d-7159175/viral-video-ban-mobil-jokowi-bocor-di-tengah-jalan-istana-buka-suara

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-pak-jokowi-jalan-kaki-dikarenakan-ban-bocor