[SALAH] MAHFUD MD DAN WALIKOTA ACEH USIR PAKSA PENGUNGSI ROHINGYA

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Tidak ditemukan informasi terkait Mahfud MD dan Walikota Aceh Usir paksa pengungsi Rohingya. Dalam narasi yang dibacakan, Mahfud mengatakan, pemerintah akan membahas cara mengembalikan pengungsi Rohingya ke Myanmar melalui PBB.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1706356590.775938/index.html (Tiktok)

=====

[NARASI]: MAHFUD MD dan WALIKOTA ACEH TURUN TANGAN USIR PAKSA ORANG ROHINGYA

Akhirnya CAPRES RI yang turun demi kedamaian rakyat Indonesia,.

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video dengan narasi yang menyatakan bahwa Menko Polhukam Mahfud MD dan Walikota Aceh turun tangan untuk mengusir paksa pengungsi Rohingya beredar di media sosial tiktok dari akun bernama @rickysetiawan099.

Setelah dilakukan penelusuran, video tersebut hanya berisi beberapa gambar pengungsi Rohingya yang digabung menjadi satu. Selain itu, narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari kompas.com berjudul “Mahfud MD sebut Pengungsi Rohingya Akan Dikembalikan ke Negara Asal” yang dimuat pada 5 Desember 2023.

Mahfud mengatakan, pemerintah akan membahas cara mengembalikan pengungsi Rohingya ke Myanmar melalui Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Ia menuturkan, permasalahan pengungsi Rohingya yang datang menggunnakan kapal kayu diurus oleh United Nations Hight Commisioner for Refugees (UNHCR).

Menurut Mahfud, sebenarnya Indonesia tidak ikut menandatangani konferensi PBB terkait para pengungsi. Sehingga Indonesia berhak mengusir pengungsi Rohingya. Namun Indonesia menerima pengungsi Rohingya karena memiliki diplomasi kemanusiaan.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang menyatakan Mahfud MD dan Walikota Aceh usir pengungsi rohingya tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/01/25/185500382/hoaks-mahfud-dan-wali-kota-banda-aceh-usir-paksa-pengungsi-rohingya

https://megapolitan.kompas.com/read/2023/12/05/13362571/mahfud-md-sebut-pengungsi-rohingya-akan-dikembalikan-ke-negara-asal

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-mahfud-md-dan-walikota-aceh-usir-paksa-pengungsi-rohingya