[SALAH] Golkar Putar Haluan Dukung Ganjar Capres 2024

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa semua kader Golkar putar haluan dukung Ganjar pada Pilpres 2024 adalah konten yang menyesatkan. Faktanya hingga saat ini Partai Politik Golkar masih memberikan dukungannya pada Paslon nomor urut 02 yaitu Prabowo-Gibran.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Menyesatkan

====

[SUMBER]:https://archive.cob.web.id/archive/1706188923.055204/index.html

====
[NARASI]: “GEGER !! AHIRNYA SEMUA KADER GOLKAR PUTAR HALUAN DUKUNG GANJAR CAPRES 2024”

====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Youtube dengan nama pengguna “TOPIK NEWS” mengunggah video dengan klaim bahwa bahwa semua kader Golkar putar haluan dukung Ganjar pada Pilpres 2024. Faktanya hingga saat ini Partai Politik Golkar masih memberikan dukungannya pada Paslon nomor urut 02 yaitu Prabowo-Gibran.

Video berdurasi 12 menit 5 detik tersebut membahas mengenai kader Golkar yang menolak pengusungan Gibran sebagai Cawapres 2024 karena dinilai kurang berpengalaman. Diketahui Gibran baru menjabat sebagai walikota selama kurang lebih dua tahun. Namun, dalam video tersebut tidak membahas mengenai dukungan Golkar kepada Ganjar.

Setelah ditelusuri narasi dalam video tersebut diambil dari artikel milik mediaindonesia.com yang berjudul “Kader Golkar Tolak Pengusungan Gibran Sebagai Cawapres”. Dilansir dari kompas.id Golkar merupakan salah satu partai yang tergabung dalam koalisi Indonesia maju dan koalisi ini mengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo-Gibran. Sehingga dapat disimpulkan video unggahan di atas adalah konten yang menyesatkan.

==========

[REFERENSI]

[1] https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/623335/kader-golkar-tolak-pengusungan-gibran-sebagai-cawapres
[2] https://www.kompas.id/baca/polhuk/2024/01/24/soal-arah-keberpihakan-presiden-airlangga-sesuai-perjuangan-golkar
[3] https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/01/02/173400682/-hoaks-golkar-deklarasikan-dukungan-kepada-ganjar-pranowo-di-pilpres?page=all
[4] https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-golkar-putar-haluan-dukung-ganjar-capres-2024