[SALAH] Bantuan Beras Bulog Dipasangi Stiker Prabowo Gibran

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, Bantuan beras Bulog yang disalurkan ke masyarakat dengan stiker Prabowo-Gibran tidaklah benar. Hal ini sudah dibantah oleh TKN Prabowo-Gibran, Direktur Perum Bulog, dan Kepala Bapanas bahwa tidak ada logo atau atribut apapun di kemasan beras selain logo Bulog dan Bapanas.

====
[KATEGORI] Konten menyesatkan

====
[SUMBER] Tiktok
https://archive.cob.web.id/archive/1706462830.389683/index.html

====
[NARASI] “Beras Bulog Cap Gemoy. Semiskin Itukah Anda Pak Gemoy?”

====
[PENJELASAN]
Beredar sebuah postingan memperlihatkan bantuan beras Bulog yang ditempeli stiker paslon 2, Prabowo- Gibran. Dalam postingan ini, disertakan narasi “Beras Bulog cap Gemoy. Semiskin itukah Anda pak Gemoy”. Hal ini membuat masyarakat menduga bahwa beras Bulog digunakan untuk kampanye Prabowo-Gibran.

Setelah ditelusuri, ternyata postingan tersebut tidak terbukti. Tim Kampanye Nasional Prabowo- Gibran membantah melakukan pemasangan stiker di karung beras produksi Bulog. Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Habiburokhman menegaskan tidak pernah menjadikan beras Bulog sebagai komoditas politik.

Sementara itu, Direktur Utama Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan bahwa pihaknya tidak pernah menempelkan atribut apapun selain label Badan Pangan Nasional dan Bulog di kemasan beras. Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo  juga mengatakan bahwa tidak ada logo apapun selain logo Bulog pada beras yang diberikan ke masyarakat.

Dengan demikian, postingan yang memperlihatkan bahwa beras Bulog dengan stiker Prabowo-Gibran tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://www.cnnindonesia.coim/nasional/20240126202515-617-1054974/tkn-prabowo-gibran-bantah-pakai-beras-bulog-untuk-komoditas-politik

https://amp.kompas.com/yogyakarta/read/2024/01/26/121446278/janji-gibran-soayl-stiker-prabowo-gibran-di-kemasan-beras-bulog

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-bantuan-beras-bulog-dipasangi-stiker-prabowo-gibran