[SALAH] SBY Resmi Dukung Anies-Amien Akibat Desakan Kader Demokrat

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim kader Partai Demokrat yang mendesak Susilo Bambang Yudhoyono untuk mendukung Anies-Amin adalah hal yang tidak benar. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya.
====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1705987822.097358/index.html (Youtube)

====

[NARASI]:
DIDESAK KADER DEMOKRAT:bangbang: SBY TURUN TANGAN RESMIKAN DUKUNGAN ANIES-AMIEN

====

[PENJELASAN]:


Pada 11 Januari 2024 sebuah channel youtube dengan nama Suara Rakyat (https://www.youtube.com/@suararakyat5895) mengunggah sebuah video dengan klaim adanya desakan yang diberikan oleh para kader Partai Demokrat mengakibatkan SBY turun tangan dan memberikan dukungan resmi terhadap Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, apa yang tertulis pada klaim video tidak sesuai dengan narasi yang disampaikan. Hal tersebut dikarenakan narator justru menyampaikan terkait kunjungan Anies di Kantor Partai Demokrat yang mana kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka adanya keinginan kader Demokrat agar AHY dipilih sebagai calon wakil presiden yang akan menemani Anies Baswedan dalam perhelatan pemilihan calon presiden dan wakil presiden tahun 2024. Narasi ini sesuai dengan berita yang diunggah oleh liputan6.com pada 7 Oktober 2022 lalu. Justru, menurut informasi terbaru pada 12 Januari 2024 sesuai dengan unggahan Metro TV, Partai Demokrat menyuarakan dukungannya secara resmi untuk pasangan calon nomor 02 Prabowo-Gibran.

Oleh sebab itu, video dengan dengan klaim kader Partai Demokrat yang mendesak Susilo Bambang Yudhoyono untuk mendukung Anies-Amin adalah konten yang tidak benar.

==========

[REFERENSI]
[1]Β https://www.liputan6.com/news/read/5090685/anies-tiba-di-kantor-demokrat-kader-teriakkan-anies-ahy-menang?page=4
[2]Β https://www.youtube.com/watch?v=YKX-QEK6kH8
[3] https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-sby-resmi-dukung-anies-amien-akibat-desakan-kader-demokrat