[SALAH] Wasit Ilgiz Tantashev Ucapkan Maaf ke Timnas Indonesia

Hasil periksa fakta Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa wasit Ilgiz Tantashev meminta maaf kepada Timnas Indonesia usai mengesahkan gol kedua Irak di Piala Asia 2023 merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, tidak ditemukan informasi dan bukti kredibel mengenai klaim tersebut.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1705886953.559795/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “RESPECT !! Nyesal Dholimi Timnas Saat Vs Irak, Ilgiz Tantashev Ucapkan Maaf Ke Timnas Indonesia | Maafkan Saya Indonesia – Wasit Irak Vs Indonesia Ucapkan Maaf Di Insta Story Instagramnya”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @onlennews2299 mengunggah video dengan klaim bahwa wasit asal Uzbekistan, Ilgiz Tantashev, meminta maaf kepada Timnas Indonesia melalui Instagram pribadinya. Ilgiz membagikan foto Bendera Indonesia dan menulis “I am sorry Indonesia” disertai emotikon maaf dan menangis. Sementara itu, badan wasit yang ditunjuk oleh AFC telah mengakui adanya kekeliruan dalam keputusan wasit Ilgiz pada pertandingan Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya tidak ditemukan informasi dan bukti kredibel mengenai klaim tersebut.

Diketahui bahwa laga Piala Asia 2023 antara Indonesia dan Irak yang digelar pada 15 Januari 2024 berakhir dengan skor 1-3 untuk kemenangan Irak. Namun, terdapat gol kontroversial pada menit ke-45 yang membuat pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, melayangkan protes keras ke wasit. Menurutnya, sebelum Osama Rashid menjebloskan bola ke gawang Ernando Ari, terdapat momen pemain Irak terperangkap offside. Sayangnya, wasit tetap mengesahkan gol untuk Irak.

Sumber: TV One News

Di sisi lain, pihak Timnas Indonesia telah melayangkan surat resmi ke AFC terkait gol kontroversial tersebut. Melalui surat ini, Timnas Indonesia berharap bahwa ke depannya perangkat pertandingan dapat bersikap lebih tegas dan cermat dalam membuat keputusan.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @onlennews2299 merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.tvonenews.com/bola/timnas/181444-asisten-wasit-var-asal-thailand-dituding-jadi-biang-kerok-gol-kontroversial-irak-di-laga-lawan-timnas-indonesia-piala-asia-2023?page=all
https://www.rri.co.id/sepak-bola/517600/profil-wasit-indonesia-vs-irak-ilgiz-tantashev
https://www.tribunnews.com/superskor/2024/01/16/sosok-ilgiz-tantashev-wasit-piala-asia-2024-yang-sahkan-gol-offside-irak-ke-gawang-indonesia
https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20240116083838-142-1050027/5-fakta-usai-timnas-indonesia-kalah-dari-irak-di-piala-asia

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-wasit-ilgiz-tantashev-ucapkan-maaf-ke-timnas-indonesia