[SALAH] PRABOWO CAPAI 80 PERSEN SUARA DIHASIL PEMILU 2024 TAIWAN

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya grafik tersebut merupakan hasil survey Exit Poll yang digunakan untuk memprediksi siapakah yang akan memenangkan pemilu.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1705938774.665378/index.html (Tiktok)

=====

[NARASI]: Hasil pemilu luar negri 2024 di Taiwan#prabowo #prabowogibran2024 #capres2024#pemilutaiwan #viraltiktok

=======

[PENJELASAN]:
Akun tiktok dengan nama pengguna @kembucanakvangky membagikan sebuah video yang menampilkan dua buah grafik dengan klaim narasi yang menyatakan bahwa grafik tersebut merupakan hasil yang sudah didapatkan dari Pemilu Luar Negeri di Taiwan.

Grafik persebut menunjukkan pasangan Anies-Muhaimin mendapatkan 5,46% suara, pasangan Prabowo-Gibran mendapatkan 88,6% suara, dan pasangan Ganjar-Mahfud 3,64% suara.

Dalam video tersebut juga terdapat seseorang yang menyampaikan hasil dari grafik tersebut dengan transkrip sebagai berikut:

“Hasil pemilu luar negeri 2024 di negara Taiwan, sudah didapatkan hasil sebagai berikut. Untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin mendapatkan 5,46%. Nomor urut dua, Prabowo dan Gibran mendapatkan 88,6%. Nomor urut tiga, Ganjar dan Mahfud MD mendapatkan 3,64%. Kemudian untuk hasil pemilihan parpol, lima yang terbesar, yang pertama adalah Gerindra dengan 41,86%, yang kedua adalah PSI dengan 10%, yang ketiga adalah Golkar, 9,1%, yang keempat adalah PDI dengan 4,6%, yang kelima dan PKB, eh sorry, yang kelima PKB dan PAN ini nilainya sama yaitu 2,73%, kemudian partai lainnya 15, 56%. Ini metode yang kami gunakan adalah Exit Poll, jadi PMI yang sudah mendapatkan surat suara dan mencoblos kami tanyai tentang hasil yang sudah dicoblos ketika mendapatkan surat suara tersebut, dengan sampel sekitar 200 lebih sampel di seluruh Taiwan, dengan metode random. Terimakasih.”

Setelah ditelusuri, Idham Holik selaku anggota KPU RI menyatakan bahwa Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Taipe akan mengirimkan surat suara kepada pemilih dengan metode pos mulai 2 hingga 11 Januari 2024 atau 30 hari sebelum hari dan tanggal pemungutan suara, yakni 14 Februari 2024.

Berdasarkan lampiran PKPU Nomor 25 Tahun 2023 disebutkan bahwa pemungutan suara dengan metode pos akan diselenggarakan mulai 2 Januari hingga 15 Februari 2024.

Dalam video tersebut dijelaskan bahwa metode yang digunakan untuk memperoleh hasil tersebut menggunakan metode Exit Poll yang dilakukan dengan mewawancarai sampel pemilih yang digunakan untuk memprediksi siapakah yang akan memenangkan pemilu. Hasil tersebut tidak akan sama dengan hasil perhitungan manual yang dilakukan KPU.

Hoax serupa sebelumnya juga sudah pernah dibahas oleh turnbackhoax.id dengan judul artikel [SALAH] “Sangat aneh KPU sekarang ini karena sudah coblosan duluan?… Demokrasi ala JokoSontolol”.

Dengan demikian klaim narasi Prabowo capai 80 persen suara dihasil Pemilu 2024 Taiwan adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.antaranews.com/berita/3921870/misinformasi-hasil-pemilu-2024-taiwan-sudah-keluar-prabowo-capai-80-persen

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-prabowo-capai-80-persen-suara-dihasil-pemilu-2024-taiwan