[SALAH] CILACAP TUMPAH RUAH AMIN

Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya video yang digunakan merupakan cuplikan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Irak dan Yaman yang dilaksanakan di sepanjang jalan depan Masjid Al-Sha’ab, Yaman pada tahun 2021.

==========================
KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH
Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah.

==========================
NARASI
Beredar sebuah video yang dibagikan oleh akun Tiktok @aisyahchaerunnisa0 https://vt.tiktok.com/ZSF1XwASs (https://archive.ph/z3az7 arsip) pada 27 Desember 2023 dan mendapatkan reaksi sebanyak 23.5 ribu like, 3455 komentar, dan 5972 kali dibagikan.

Video tersebut berisikan narasi, “CILACAP Tumpah ruah AMIN,”

Dengan di bawahnya terdapat narasi yang merupakan unggahan akun @kristinbalibal dengan narasi, “bhineka tunggal ika bermacam macam aliran tapi satu tujuan untuk mendukung capres yg berkualitas dan cerdas semua th 2024 ada sosok capres sayang rakyat nyaAmin”.

==========================
PENJELASAN:
Akun Tiktok dengan nama @aisyahchaerunnisa0 mengunggah sebuah video yang memperlihatkan lautan manusia dan diiringi Mahalul Qiyam. Kejadian tersebut diklaim merupakan massa pendukung Capres 01 Anies-Muhaimin (Amin) di Cilacap.

Setelah ditelusuri faktanya menggunakan tools Google Lens, terdapat informasi yang menyatakan bahwa kerumunan massa dalam video merupakan ribuan pendukung Houthi di Iraq dan Yaman yang sedang melaksanakan peringatan Maulid Nabi di sepanjang jalan depan Masjid Al-Sha’ab, Yaman, tahun 2021. Perayaan ini dilaksanakan setiap tahunnya pada tanggal 12 bulan Rabiul Awal dalam kalender Hijriyah/kalender Islam, yang pada tahun 2021 jatuh pada tanggal 18 Oktober.

Penelusuran video yang identik juga dilakukan melalui Platform YouTube untuk memastikan keabsahan informasi yang didapat sebelumnya, ditemukan di kanal CNN Indonesia dengan judul “Perayaan Maulid Nabi Muhammad di Yaman Dan Irak” yang diunggah pada 19 Oktober 2021.

Petunjuk lain juga didapatkan dari kanal YouTube Habib Bilal dengan judul “World’s Largest Gathering of Muslims celebrating Mawlid in Sanaa, Yemen! #mawlid #milad #miladunnabi” yang diunggah pad 20 Oktober 2021.

Dengan demikian, klaim pada video bahwa merupakan pendukung AMIN di Cilacap, tidak benar.

Sebelumnya video serupa pernah digunakan untuk klaim hoaks peringatan Maulid Nabi di Rusia pada tahun 2022. Artikel periksa fakta terkait hoaks tersebut telah dipublikasikan di turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Maulid Nabi di Rusia Dihadiri Jutaan Orang”.

========================
REFERENSI:
(1) https://foto.tempo.co/read/92419/ribuan-pendukung-houthi-peringati-maulid-nabi-muhammad
(2) https://turnbackhoax.id/2022/10/13/salah-maulid-nabi-di-rusia-dihadiri-jutaan-orang/
(3) https://youtu.be/dQQnvDuiKq8?si=_9RD11AxmkzAeznk