[SALAH] Telor Plastik

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

BUKAN telur plastik, melainkan telur penguin yang direbus dan albumennya tidak memutih tetapi tetap bening.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten Menyesatkan
===========================================

Beredar sebuah pesan berantai yang memperlihatkan bentuk telor palsu yang diklaim sebagai telur plastik, dengan narasi sebagai berikut:

NARASI:
Ekonomi lagi susah, kok ya tega sekarang ga habis fikir ada telor plastik dijual. Kreatif boleh tapi jangan seperti gini cranya. Pemerintah tolong harusnya diusut karena sangat membahayakan. Tolong DISEBARKAN!! agar kita selalu bisa waspadaa

Sumber: WhatsApp

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, telur yang diklaim sebagai telur plastik adalah tidak benar, melainkan telur penguin yang direbus.

Akun Twitter @gunsnrosesgirl3 juga mengunggah gambar serupa dan menjelaskan bahwa jika telur penguin direbus, albumennya tidak memutih tetapi tetap bening. Hal ini karena telur penguin memiliki lebih banyak glikoprotein yang disebut penalalbumin yang biasanya membantu telur bertahan dalam cuaca dingin.

Dilansir dari Liputan6.com, yang diambil dari pengalaman Anthony de Villiers yang menulis di Stuff tahun 2014. Anthony memaparkan penjelasannya saat mendapat izin mengonsumsi telur penguin Afrika. Anthony memaparkan kalau telur dari penguin Afrika ukurannya dua sampai tiga kali telur ayam dengan bentuk sedikit bulat. Butuh waktu 10-15 menit untuk merebus telur tersebut.

Tidak peduli berapa direbus, putih telur penguin tetap berwarna transparan dengan tekstur kenyal. Sementara bagian kuningnya agak bergelembung dengan rasa yang amis.

REFERENSI:
https://www.liputan6.com/citizen6/read/2874386/telur-penguin-rebus-bagaimana-bentuk-dan-rasanya
https://twitter.com/gunsnrosesgirl3/status/1729197445425619062

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-telor-plastik