[SALAH] Akun Facebook Bupati Paser Fahmi Fadli Menyalurkan Bantuan

Hasil periksa fakta Rahmah an.

Akun palsu. Akun Facebook asli Bupati Paser, Fahmi Fadli adalah facebook.com/fahmi.fadli.9404.

KATEGORI:
IMPOSTER CONTENT/KONTEN TIRUAN

SUMBER:
Facebook
https://archive.is/1gWHY

NARASI:
“Akun BUPATI PASER ini dikelola oleh Admin Ministry of Communication and Information Technology”

PENJELASAN:
Beredar akun Facebook yang mengatasnamakan Bupati Paser, Fahmi Fadli. Akun tersebut mengirimkan pesan melalui messenger menawarkan bantuan dana dan korban akan diminta foto, alamat, serta nomor rekening Yayasan.

Berdasarkan hasil penelusuran, akun Facebook tersebut adalah palsu. Fahmi Fadli memiliki akun Facebook pribadi yaitu facebook.com/fahmi.fadli.9404, akun tersebut diikuti oleh 4.8 ribu pengguna Facebook. Selain itu Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Abdul Kadir S, dilansir dari korankaltim.com menegaskan akun yang beredar bukan milik Bupati Paser.

Akun palsu tersebut memiliki kemiripan dengan yang asli, penggunaan foto profil serupa namun beda sudut pengambilan gambar cukup membingungkan bagi masyarakat. Dapat dipastikan akun Facebook Bupati Paser Fahmi Fadli masuk ke dalam kategori konten tiruan.

REFERENSI:
https://korankaltim.com/read/paser/68174/berkedok-penyaluran-bantuan-akun-facebook-atas-namakan-bupati-paser-dipastikan-palsu

https://vivaborneo.com/01/penipu-gandakan-media-sosial-bupati-paser/?fbclid=IwAR3tgrltuiVz9IvvVTjP0ImFnSi3HpYFvcE5OrykgK14KiEAxAL_ct0J2BM

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-akun-facebook-bupati-paser-fahmi-fadli-menyalurkan-bantuan