[SALAH] “Dalam rangka merayakan Ulang tahun BNi yg ke 77,Bank BNI mengadakan Pengundian gebyar undian Poin BNI”

Akun palsu. Akun Facebook resmi milik Bank Negara Indonesia (BNI) adalah facebook.com/BNI dan situs resminya adalah bni.co.id.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten Tiruan
===========================================

Akun Facebook Rezeki Poin BNI (fb.com/61554463654236) pada 14 Januari 2023 mengunggah sebuah gambar yang disertai narasi:

“*hai sobat BNI..* *Dalam rangka merayakan Ulang tahun BNi yg ke 77,Bank BNI mengadakan Pengundian gebyar undian Poin BNI.* *Khusus Nasabah (Bank-BNI) yang sudah Mempunyai (Mobile banking atau Sms banking Bni) ayo buruan daftar agar kamu berkesempatan menjadi pemenang Gebyar-Undian-Pesta-Poin (Bank-BNI)* *1 Unit Rumah* *Mobil* *Motor* *Emas Murni* *Lemari Es* *Smartphone* *TV* *Sepeda gunung* *Rice cooker* *Info lebih lanjut tentang pendaftaran (Gebyar-Undian) silakan klik menu (Daftar Sekarang) yang telah kami sediah kan* *Untuk pendaftaran gratis…*”

Sumber: https://archive.cob.web.id/archive/1705488196.625377/index.html (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya akun Facebook yang mengatasnamakan PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. atau BNI berbagi hadiah di media sosial meruapakan konten tiruan.

Faktanya, akun tersebut merupakan akun palsu. Akun Facebook resmi milik Bank Negara Indonesia (BNI) adalah facebook.com/BNI dan situs resminya adalah bni.co.id.

Dilansir dari Tirto, dalam keterangan tertulis yang diterima Tirto pada Selasa (16/1/2024), Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo menegaskan unggahan akun Facebook Rezeki Poin BNI dan BNI 77 itu merupakan upaya penipuan.

“Kami tidak pernah menyelenggarakan undian atau gebyar poin melalui tautan atau akun media sosial yang tidak resmi,” tulis Okki.

Okki mengingatkan masyarakat untuk senantiasa berhati-hati terhadap informasi yang beredar di media sosial, dan tidak mudah percaya terhadap akun media sosial yang mengatasnamakan BNI.

“Kami juga mengimbau agar nasabah tidak mudah memberikan informasi pribadi, seperti data rekening, OTP, User ID, MPIN, dan password kepada pihak yang tidak terpercaya, serta tidak melakukan tindakan apapun yang diminta oleh tautan,” tandasnya.

REFERENSI
https://www.facebook.com/BNI
https://www.bni.co.id/id-id/
https://tirto.id/ada-penipuan-berkedok-program-gebyar-undian-pesta-poin-bni-gUvB

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-dalam-rangka-merayakan-ulang-tahun-bni-yg-ke-77-bank-bni-mengadakan-pengundian-gebyar-undian-poin-bni

About Adi Syafitrah 1650 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo