[SALAH] “PANGLIMA ISRAEL yang perintah Bakar Mesjid Al Aqsa di tangkap HAMAS”

MENYESATKAN, BUKAN Panglima Israel dan TIDAK berkaitan dengan Israel. FAKTA: pria yang terlihat ditangkap di video yang dibagikan adalah pemimpin dari gerakan separatis di Karabakh, Azerbaijan, yang terletak di kawasan Kaukasus Selatan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: X/Twitter, archive.today (arsip cadangan).

NARASI: “PANGLIMA ISRAEL yang perintah Bakar Mesjid Al Aqsa di tangkap HAMAS. *The ISRAEL commander who ordered the burning of Al Aqsa was arrested by Hamas*”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu” [1]

SUMBER membagikan video dengan klaim yang MENYESATKAN yang menyebabkan kesimpulan SALAH. FAKTA: BUKAN Panglima Israel dan TIDAK berkaitan dengan Israel, pria yang terlihat ditangkap di video yang dibagikan adalah pemimpin dari gerakan separatis di Karabakh, Azerbaijan, yang terletak di kawasan Kaukasus Selatan.

Verifikasi Video

Salah satu sumber dengan segmen video yang identik dengan konteks informasi yang BENAR, Saluran resmi DTX di YouTube pada 5 Okt 2023: “Sebuah kasus pidana sedang dilanjutkan di Badan Keamanan Negara mengenai tindakan teroris yang dilakukan oleh kelompok bersenjata ilegal yang beroperasi di wilayah Karabakh Republik Azerbaijan. …” [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

BERITA SAYA di YouTube pada 5 Okt 2023: “#Berita #BeritaArmenia…” [3]

Saluran13 di YouTube pada 6 Okt 2023: “#Kanal13 #likekanal13 #berlanggananal13…” [4]

REFERENSI

[1] First Draft News: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate) / archive.today (arsip cadangan).

[2] YouTube: “Orang-orang yang mengorganisir kegiatan kelompok bersenjata ilegal di Karabakh ditangkap.” (Google Translate) / archive.today (arsip cadangan).

[3] YouTube: “Rekaman penangkapan mantan presiden Artsakh dan Ketua Majelis Nasional dipublikasikan” (Google Translate) / archive.today (arsip cadangan).

[4] YouTube: “Azerbaijan bisa menangkap banyak pemimpin separatis di Karabakh yang memisahkan diri” (Google Translate) / archive.today (arsip cadangan).