[SALAH] Video Kapal Feri Mengangkut Pengungsi Rohingnya

Hasil periksa fakta Rahmah an.

Informasi salah. Faktanya video tersebut video pemberangkatan kapal feri dari Ibu Kota Dhaka ke Barisal Bangladesh dan telah ada di YouTube sejak April 2020.

KATEGORI: KONTEN MENYESATKAN

SUMBER: YouTube
https://archive.cob.web.id/archive/1703154082.371624/index.html

NARASI:
“Ratusan pengungsi rohingnya tiba di perairan aceh”

PENJELASAN:
Beredar video yang diklaim video pemberangkatan kapal pengungsi Rohingnya dari Bangladesh menuju Indonesia. Pada video tercantum narasi “Warga Indonesia Siapkan Makanan Yang Enak Ya! Kami Telah Tiba”. Video tersebut banyak beredar di media sosial, salah satunya di kanal YouTube “Sudut kota Medan” tayang pada 16 Desember 2023.

Berdasarkan hasil penelusuran dengan bantuan pencarian gambar, ditemukan tangkapan layar serupa yang merujuk ke beberapa kanal Youtube seperti Ultimate Vessel Lover diunggah April 2022 dan YouTube short diunggah pada 2020 dengan keterangan “Tashrif-3//Lonch Lover Bangladesh”. Deskripsi pada video menjelaskan kapal feri tersebut membawa penumpang dari Dhaka ke Barishal, jika ditelusuri rute tersebut merupakan nama kota di Bangladesh.

Maka dari itu terkait video pemberangkatan kapal feri pengungsi rohingnya adalah hoaks dan masuk ke dalam kategori konten menyesatkan.

REFERENSI:
https://youtube.com/shorts/AeLhJOzfoiw?si=b0h1851pDh4Zbi1b

https://turnbackhoax.id/2023/12/20/salah-pengungsi-rohingnya-diberangkatkan-dari-bangladesh-menuju-indonesia/

https://www.youtube.com/watch?v=dP-fetjeNro

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/12/20/185900482/-hoaks-video-etnis-rohingya-mengungsi-dari-bangladesh-ke-indonesia