[SALAH] Video Ekspresi Prabowo Saat Anies dan Ganjar Beri Skor Rendah Atas Kinerja Kementerian Pertahanan

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Ekspresi Prabowo dalam video yang beredar di berbagai sosial media tersebut bukan reaksi pada saat Anies dan Ganjar memberi skor rendah terhadap kinerja Kementerian Pertahanan, melainkan ekspresi saat mendengar pernyataan dari Anies terkait kesejahteraan prajurit TNI. Selengkapnya di bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konteks yang Salah

= = =

Sumber: TikTok & Twitter

https://ghostarchive.org/archive/rJNs7

https://ghostarchive.org/archive/QGqa0

https://archive.is/vVOjF

https://archive.is/8Ec8m

= = =

Narasi:

“Ekspresi Prabowo saat Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo memberikan skor rendah ke Kementerian Pertahanan”

“Merasa gak tega aja melihat pak Prabowo spt ini….. Tp inilah debat presiden yg harus menjawab semua pertanyaan…. 😭😭😭”

“Personal bullying ini disuguhkan kepada rakyat. Betapa besarnya hati beliau. Hanya jika beliau memilih tetap tabah dan mampu menahan diri, dan karena beliau selalu menempatkan kepentingan bangsa jauh di atas kepentingan dan perasaannya sendiri. Keep strong, Pak Prabowo. 🤍🤎”

= = =

Penjelasan:

Beredar di berbagai sosial media yang menunjukkan reaksi dari ekspresi Prabowo Subianto saat mendengarkan percakapan antara Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang memberi skor rendah terhadap kinerja Kementerian Pertahanan pada saat debat ketiga Calon Presiden Pemilu 2024. Video tersebut juga menggunakan backsound lagu Dawai oleh Fadhilah Intan, lagu tersebut menggambarkan perasaan seseorang yang telah mengalami pengkhianatan atau kekecewaan dalam hubungan.

Namun cuplikan ekspresi Prabowo tersebut bukan reaksi real-time dari percakapan tanya-jawab antara Anies dan Ganjar saat memberi skor terhadap kinerja Kementerian Pertahanan. Melihat tayangan ulang debat ketiga Capres 2024, ekspresi Prabowo dalam cuplikan tersebut berada pada durasi 2:31:56 (jam kedua, menit ke-31, detik ke-56) hingga 2:32:45 (jam kedua, menit ke-32, detik ke-45), saat itu Anies sedang berbicara mengenai rumah dinas dan kesejahteraan prajurit TNI.

Sedangkan momen tanya-jawab antara Anies dan Ganjar yang membahas mengenai skor kinerja Kementerian Pertahanan dimulai pada 10 menit sebelumnya, tepatnya pada 2:21:12 (jam kedua, menit ke-21, detik ke-12) hingga 2:26:21 (jam kedua, menit ke-21, detik ke-41). Sepanjang durasi tanya-jawab tersebut, tidak ditampilkan ekspresi dari reaksi Prabowo yang mendengarkan pemberi nilai oleh Anies dan Ganjar.

Dengan demikian, video ekspresi Prabowo saat Anies dan Ganjar memberi skor kecil kepada kinerja Kementerian Pertahanan adalah tidak benar dengan kategori Konteks yang Salah.

= = =

Referensi:

https://www.youtube.com/live/KJdt-HBBGIo?si=pBE6DKdKIs4LZq0Z&t=9116