[SALAH] Video Billboard Hamas Secara Brutal Memperkosa dan Membunuh Ratusan Wanita Israel

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video billboard tersebut adalah hasil buatan CGI. Tidak ditemukan juga bukti kredibel yang membenarkan kabar tersebut.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://ghostarchive.org/archive/2A6z8

Screenshot: https://bit.ly/48MSXSh

= = =

Narasi:

“ANTI-HAMAS BILLBOARD IN NEW YORK CITY ‘Hamas brutally raped and murdered hundreds of Israeli women. Can you still ignore them now?’”

Terjemahan:

“BILLBOARD ANTI-HAMAS DI KOTA NEW YORK ‘Hamas secara brutal memperkosa dan membunuh ratusan wanita Israel. Masih bisakah kamu mengabaikannya sekarang?’”

= = =

Penjelasan:

Sebuah postingan di Twitter menyebarkan informasi bahwa Hamas secara brutal memperkosa dan membunuh ratusan wanita Israel. Dalam postingan tersebut juga menunjukkan sebuah video billboard di New York memberitakan kabar tersebut.

Hasil penelusuran yang dilakukan oleh Reuters ditemukan bahwa video tersebut adalah hasil CGI. Terkait tuduhan kekerasan yang dilakukan oleh Hamas pada 7 Oktober, termasuk kekerasan seksual, PBB sedang menyelidiki tuduhan tersebut, sementara Hamas sendiri membantah tuduhan tersebut.

Dengan demikian, berita pada billboard mengenai Hamas secara brutal memperkosa dan membunuh ratusan wanita Israel adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.reuters.com/fact-check/video-times-square-billboard-displaying-anti-hamas-message-is-cgi-2023-12-27/

= = =