[SALAH] Foto Bawah Laut Saat Gempa Jepang Desember 2023

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konteks yang salah. Foto tersebut diambil saat gempa di Laut Banda, Indonesia, pada 8 November 2023, bukan saat gempa di Jepang pada Desember lalu.

=====

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/gN0m9

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Seperti inilah penampakan dasar laut di Jepang saat terjadi gempa bumi berkekuatan 6,9 skala Richter di sana dan secara eksklusif diabadikan oleh penyelam bawah air”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter salah satu media Filipina bernama NewsFeed mengunggah foto yang menunjukkan dasar laut bergetar. Foto tersebut diklaim sebagai penampakan dasar laut saat gempa berkekuatan 6,9 skala Richter mengguncang Jepang Desember lalu. Cuitan dan foto tersebut diunggah pada 2 Januari 2024.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut salah. Kedua foto tersebut adalah tangkapan layar dari sebuah video yang telah banyak tersebar sejak November 2023, salah satunya di YouTube dan Instagram. Pengguna Instagram dengan nama @itamkongbagaram mengunggah video lengkapnya di Instagram pribadinya dan memberikan penjelasan bahwa itu diambil saat gempa M7.2 di Laut Banda pada 8 November 2023 jam 13.11.

Terlebih lagi, video yang sama persis pernah diunggah Liputan6 di YouTube resminya dengan judul “Viral! Gempa Magnitudo 7,2 di Dasar Laut Banda Tertangkap Kamera” pada Desember lalu.

Dengan demikian, informasi yang diberikan NewsFeed Filipina merupakan konteks yang salah.

=====

Referensi:

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-foto-bawah-laut-saat-gempa-jepang-desember-2023


https://www.instagram.com/reel/CznzhjOPLar/


https://www.youtube.com/watch?v=1o4DUVlC8EE