[SALAH] “Hakim Binsar Gultom Akhirnya Ditetapkan Tersangka, Kapolri Turut Adil”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Tidak ditemukan sumber valid yang memberitakan kabar tersebut. Isi video tidak ditemukan informasi yang membuktikan bahwa hakim kasus Kopi Sianida ditetapkan sebagai tersangka, narator hanya membacakan artikel yang tidak berkaitan dengan judul dan thumbnail video.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumbe: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/yHrEU

= = =

Narasi:

“Tepat siang ini d3nd4m jessica t3rb4l4sk4n, di k4sus ini akhirnya kapolri turut adil.”

“Breaking News.!! Kapolri Akhirnya Turut Adil. Hakim Binsar Gultom Akhirnya Di Tetapkan Tersangka”

= = =

Penjelasan:

Postingan di Facebook membagikan informasi dan video dengan klaim bahwa hakim kasus Kopi Sianida, Binsar Gultom, ditetapkan sebagai tersangka. Disebutkan juga bahwa Kapolri terlibat dalam penetapan tersebut.

Setelah ditelusuri tidak ditemukan sumber berita valid yang membenarkan klaim tersebut. Penelusuran Kompas.com menemukan bahwa narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari AyoJakarta.com yang berjudul “Rismon Sianipar Beri Pesan kepada Kapolri soal Kasus Jessica Wongso: Pak, Jangan Tutup Mata!”.

Foto Binsar Gultom yang menggunakan baju tahanan pada thumbnail merupakan hasil suntingan, foto tersebut identik dengan artikel berita mengenai penangkapan Djoko Tjandra yang terpublikasi pada BeritaSatu.com pada 5 Agustus 2020.

Dengan demikian, hakim Binsar Gultom akhirnya ditetapkan tersangka adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/12/28/084800982/-hoaks-hakim-perkara-kopi-sianida-binsar-gultom-ditetapkan-menjadi?page=all#page2

https://www.ayojakarta.com/news/7611265534/rismon-sianipar-beri-pesan-kepada-kapolri-soal-kasus-jessica-wongso-pak-jangan-tutup-mata#google_vignette

https://www.beritasatu.com/news/662485/seminggu-ditangkap-djoko-tjandra-masih-berstatus-saksi

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-hakim-binsar-gultom-akhirnya-ditetapkan-tersangka-kapolri-turut-adil

= = =