[SALAH] Penampakan Capres Nomor 03 Dengan Baju Golkar Viral

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video Ganjar mengenakan baju partai Golkar adalah konten tidak benar. Faktanya tidak ada bukti kredibel terkait hal tersebut. Foto dalam thumbnail hanya editan semata.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====
[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1703736644.854748/index.html

====

[NARASI]: “HEBOH!! BISA BIKIN CAPRES SEBELAH PANAS DINGIN, MOMEN GANJAR DENGAN PARTAI GOLKAR VIRAL”

====
[PENJELASAN]:
Akun Youtube “DUA SISI” pada tanggal 21 Desember 2023 mengunggah sebuah video dengan klaim penampakan Ganjar dengan baju Golkar viral, bikin heboh capres sebelah panas dingin. Tidak ada bukti valid terkait hal tersebut.

Video berdurasi 8 menit 5 detik tersebut sama sekali tidak membahas kebersamaan Ganjar dengan partai Golkar. Rupanya narator hanya membacakan narasi milik suara.com yang berjudul “Inikah Tanda-tanda Partai Golkar Bakal Dukung Ganjar Pranowo?”. Artikel tersebut membahas mengenai dukungan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) terhadap capres Ganjar Pranowo. Sementara Partai Golkar tetap mendukung Prabowo Subianto sebagai capres 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, tidak ada informasi yang kredibel terkait klaim dalam video. Setelah dilakukan penelusuran gambar Ganjar mengenakan baju Golkar bersama kader Golkar lain hanyalah editan. Dilansir dari Republika.co.id foto tersebut diambil ketika kampanye terbuka Partai Golkar di Gedung Olahraga (GOR) Ciracas,Jakarta.
==========
[REFERENSI]
[1] https://www.suara.com/news/2023/04/27/202229/inikah-tanda-tanda-partai-golkar-bakal-dukung-ganjar-pranowo
[2] https://republika.co.id/berita/n2yzc7/cinta-satu-malam-goyang-kampanye-golkar
[3] https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-penampakan-capres-nomor-03-dengan-baju-golkar-viral