[SALAH] Pasukan Israel Menodong Senjata ke Ambulans yang Akan Masuk ke Gaza Baru-Baru Ini

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konteks yang salah. Video ini diambil pada 2019, ketika tentara Israel menghentikan ambulans yang akan masuk ke kota Ramallah, bukan diambil pada konflik Israel-Palestina tahun ini. 

===== 

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH

===== 

Sumber: Twitter
https://archive.ph/oEWqJ

===== 

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Pasukan Israel menahan paramedis di bawah todongan senjata untuk mencegah mereka menyelamatkan nyawa di Gaza”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @amansidhu_ca mengunggah video yang menunjukkan pasukan tentara menodong senjata ke ambulans yang hendak memasuki sebuah area. @amansidhu_ca menklaim bahwa tentara yang ada di video itu merupakan pasukan Israel yang menodong senjata ke tenaga medis yang hendak menolong korban pengeboman di Gaza. Cuitan dan video yang diunggah pada 8 Desember tersebut telah disukai oleh 163 orang, dikutip dan dibagikan ulang hampir 200 kali, serta telah dilihat hampir 10,000 kali. 

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut salah. Video yang sama persis pernah diunggah di laman resmi B’Tselem, sebuah organisasi nirlaba di Yerusalem yang berfokus pada berita pelanggaran HAM di wilayah Palestina, pada 25 Maret 2019. Melansir dari berita yang ditulis B’Tselem tersebut, video itu diambil saat tentara Israel menghentikan ambulans yang hendak membantu korban unjuk rasa di Desa Beit Sira, Ramallah, Palestina. 

Selain itu, fotografer yang merekam kejadian itu secara langsung, mengunggah video tersebut di Facebook pribadinya yang bernama Al-Rimawi Photography pada 8 Maret 2019. Pada unggahan tersebut juga dilengkapi keterangan dalam Bahasa Arab yang berbunyi sebagai berikut:

(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):
“Tentara pendudukan menahan ambulans Bulan Sabit Merah dan krunya selama mereka meliput konfrontasi di Beit Sierra West”.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @amansidhu_ca merupakan konteks yang salah. 

=====  

Referensi: 

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-pasukan-israel-menodong-senjata-ke-ambulans-yang-akan-masuk-ke-gaza-baru-baru-ini


https://www.btselem.org/video/201903025_soldiers_detain_ambulance_at_gunpoint_in_beit_sira#full


https://www.facebook.com/AlRimawiPhotography/posts/1243385695812349?ref=embed_post