[SALAH] Calon Presiden 2024 Kecelakaan, Tangis Keluarga Anies Tak Terbendung

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa Anies Baswedan mengalami kecelakaan hingga meninggal adalah konten yang dimanipulasi. Faktanya foto dalam thumbnail bukanlah Anies dan kondisi Anies pasca kecelakaan baik-baik saja.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]:https://archive.cob.web.id/archive/1703733833.679575/index.html

====
[NARASI]: “VIRAL !! TANGIS KELUARGA PECAH, ANIES ALAMI MUSIBAH BESAR”

====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Youtube dengan nama pengguna “TOPIK NEWS” mengunggah video dengan klaim bahwa Anies mengalami kecelakaan hingga meninggal dunia. Faktanya tidak ada bukti kredibel mengenai hal tersebut.

Video berdurasi 12 menit 4 detik tersebut membahas mengenai kronologi kecelakaan mobil iring-iringan rombongan Anies Baswedan yang hendak melakukan kampanye di Aceh Timur. Namun, dilansir dari cnnindonesia.com berdasarkan penuturan jubir Timnas AMIN memastikan tidak ada korban luka maupun meninggal dunia dalam insiden tersebut.

Setelah ditelusuri foto jenazah dalam thumbnail merupakan siswi SMK yang tewas usai diperkosa sang paman. Kejadian tersebut berlokasi di Deliserdang, Medan. Sehingga dapat disimpulkan video unggahan di atas adalah konten yang dimanipulasi.

==========

[REFERENSI]

[1] https://www.cnnindonesia.com/nasional/20231218080146-20-1038499/kondisi-anies-baswedan-setelah-rombongan-kecelakaan-beruntun-di-aceh
[2] https://palembang.tribunnews.com/2020/10/16/pelaku-pembunuhan-dan-pemerkosaan-siswi-smk-ternyata-pamannya-sendiri-kaki-tangan-korban-diikat
[3] https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-calon-presiden-2024-kecelakaan-tangis-keluarga-anies-tak-terbendung