[SALAH] Jokowi Intimidasi Masyarakat untuk Dukung Prabowo-Gibran

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Presiden Joko Widodo melakukan intimidasi kepada masyarakat melalui bantuan sosial untuk mendukung Prabowo-Gibran merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, tidak ditemukan informasi dan bukti kredibel mengenai klaim tersebut.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1703657830.584735/index.html (TikTok)

=======

[NARASI]: “Terus Suarakan Kebenaran | Ada Indikasi Jokowi Melakukan Intimidasi Kepada Masyarakat Melalui Bantuan Sosial Supaya Mau Mendukung Prabowo Gibran”

=======

[PENJELASAN]:

Akun TikTok @beritatangguh mengunggah video dengan klaim bahwa Presiden Joko Widodo terindikasi melakukan intimidasi kepada masyarakat melalui bantuan sosial (bansos). Hal tersebut dilakukan agar masyarakat memberikan suara dan dukungannya kepada Prabowo-Gibran pada Pemilu 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya tidak ditemukan informasi dan bukti kredibel mengenai intimidasi Presiden Jokowi kepada masyarakat melalui bansos seperti yang disebutkan pada unggahan.

Sebelumnya diketahui bahwa pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, menilai bahwa bansos yang dibagikan oleh Presiden Jokowi mampu memberikan efek pada elektabilitas Prabowo-Gibran. Namun, Presiden Jokowi sendiri tidak pernah secara terbuka menyatakan dukungannya terhadap Prabowo-Gibran dalam kontestasi Pemilu 2024.

Sumber: Nasional Tempo

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh akun TikTok @beritatangguh merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://nasional.tempo.co/read/1808812/pakar-bansos-jokowi-dapat-membuat-elektabilitas-prabowo-gibran-naik
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-jokowi-intimidasi-masyarakat-untuk-dukung-prabowo-gibran