[SALAH] Gerindra Berubah Haluan, Ribuan Kader Gerindra Deklarasi Dukung Ganjar Capres 2024

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Video ribuan kader Gerindra dukung Ganjar sebagai Presiden 2024 adalah konten tidak benar. Faktanya tidak ada bukti kredibel terkait hal tersebut. Foto dalam thumbnail hanya editan semata.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====
[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1703731012.0719/index.html

====

[NARASI]: “PRABOWO KEJANG” !! RIBUAN KADER GERINDRA DEKLARASI DUKUNG GANJAR PRESIDEN 2024”

====
[PENJELASAN]:
Akun Youtube “TOPIK NEWS” pada tanggal 28 Desember 2023 mengunggah sebuah video dengan klaim ribuan kader Gerindra dukung Ganjar sebagai calon Presiden 2024. Tidak ada bukti valid terkait hal tersebut. Gerindra sendiri merupakan partai politik yang diketuai oleh Prabowo Subianto yang saat ini mencalonkan diri sebagai calon Presiden 2024 dengan nomor urut 02 bersama wakilnya Gibran Rakabuming.

Video berdurasi 12 menit 5 detik tersebut sama sekali tidak membahas dukungan kader Gerindra untuk Ganjar sebagai calon Presiden 2024. Melainkan membahas pernyataan kader Gerindra bahwa Prabowo tidak mungkin maju sebagai cawapres mendampingi Ganjar. Prabowo sendiri ditegaskan akan maju sebagai capres bukan cawapres. Narasi dalam unggahan tersebut identik dengan artikel milik tribunnews.com yang berjudul “Kader Gerindra Sulsel Tolak Wacana Prabowo Subianto jadi Cawapres Ganjar Pranowo”.

Setelah dilakukan penelusuran, tidak ada informasi yang kredibel terkait klaim tersebut. Foto dalam thumbnail lengkap dengan narasi “GERINDRA BERUBAH HALUAN, RIBUAN KADER GERINDRA DEKLARASI DUKUNG GANJAR CAPRES 2024” sebenarnya merupakan deklarasi warga Bandung Raya di Arcamanik atas dukungannya kepada Ganjar. Dilansir dari inews.id dalam foto asli tersebut tidak ada kibaran bendera partai Gerindra. Sehingga dapat disimpulkan bahwa unggahan di atas adalah konten yang dimanipulasi.
==========
[REFERENSI]
[1] https://toraja.tribunnews.com/2023/04/26/kader-gerindra-sulsel-tolak-wacana-prabowo-subianto-jadi-cawapres-ganjar-pranowo
[2] https://jabar.inews.id/berita/dukungan-kepada-ganjar-menguat-warga-bandung-raya-gelar-deklarasi-di-arcamanik
[3] https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-gerindra-berubah-haluan-ribuan-kader-gerindra-deklarasi-dukung-ganjar-capres-2024