[SALAH] Video Yaman Mengebom Kapal Kargo Israel di Laut Merah

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut merupakan kebakaran dari kapal pengangkut bahan kimia pada tahun 2021 di Sri Lanka.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://perma.cc/Z3KY-S8FB

= = =

Narasi:

“Yemen bombed the Israeli cargo ship ‘Unity Explorer’. American military ships and other Western bases came to Djibouti trying to rescue the Israeli cargo ship Unity Explorer, which has now sunk in the Red Sea.”

Terjemahan:

“Yaman mengebom kapal kargo Israel ‘Unity Explorer’. Kapal militer Amerika dan pangkalan Barat lainnya datang ke Djibouti untuk mencoba menyelamatkan kapal kargo Israel Unity Explorer, yang kini tenggelam di Laut Merah.”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video yang menunjukkan kapal terbakar di laut yang diklaim merupakan kapal kargo milik Israel yang dibom oleh Yaman di Laut Merah. Disebutkan juga bahwa kapal militer Amerika mencoba menyelamatkan kapal tersebut.

Setelah ditelusuri faktanya kapal tersebut merupakan kapal pengangkut bahan kimia yang terbakar di Sri Lanka pada 2021. Bukan kapal kargo Israel yang bernama “Unity Explorer” yang dibom oleh Yaman akhir-akhir ini.

Dengan demikian, video Yaman mengebom Kapal Kargo Israel di Laut Merah adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.newsflare.com/video/430890/crew-evacuated-as-cargo-ship-off-sri-lanka-continues-to-burn?a=on

= = =