[SALAH] Video Warga Thailand di Israel Diserang Hamas Saat Gencatan Senjata

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut merupakan latihan pasukan anti terorisme di Korea Selatan pada 2019, tidak ada kaitannya dengan konflik antara Hamas dan Israel.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: TikTok

https://perma.cc/9LQV-BU33

= = =

Narasi:

“Berapa banyak lagi warga Thailand yang harus meninggal? Hamas sialan. Tembak dulu, tapi minta gencatan senjata nanti. Mungkin tidak semudah itu… Israel & Hamas. Mengapa Anda memulai perang jika Anda tidak bisa menang?”

= = =

Penjelasan:

Sebuah video yang menunjukkan beberapa pasukan militer terlihat sedang menyerang bus dan orang di dalamnya disandera. Video tersebut diklaim merupakan pasukan Hamas dan tulisan berbahasa Thailand tersebut mengaitkannya dengan warga Thailand yang meninggal akibat serangan Hamas.

Setelah ditelusuri faktanya video tersebut merupakan latihan militer anti teroris di Korea Selatan. Video asli sudah terpublikasi melalui channel YouTube KTV pada 5 Juni 2019, sehingga tidak ada kaitannya dengan serangan Hamas kepada Israel yang diketahui juga menewaskan warga Thailand pada Oktober 2023.

Dengan demikian, video warga Thailand di Israel diserang Hamas saat gencatan senjata adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://news.detik.com/internasional/d-6982286/bertambah-warga-thailand-tewas-dalam-serangan-hamas-jadi-24-orang

= = =