[SALAH] Video Seorang Ayah Palestina Menghibur Anaknya Bahwa Suara Bom yang Mereka Dengar adalah Suara Mainan

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut direkam di Suriah yang diajari tertawa ketika mendengar suara tembakan pada 2020, bukan seorang Ayah dan Putrinya asal Palestina.

= = =

Kategori: Konteks yang Salah

= = =

Sumber: Facebook

https://perma.cc/7C5T-K32T

= = =

Narasi:

“Seorang ayah Palestina mengatakan hal ini kepada putrinya, anak perempuannya, suara-suara yang kamu dengar ini semua adalah suara mainan, sebenarnya semua itu untuk membuatmu tertawa, jadi kamu tertawa terbahak-bahak dan aku juga tertawa, Nak, ini adalah suara-suara mainan Tidak, tapi itu adalah suara misil tanpa ampun yang datang dari Israel, negara barbar paling kejam di dunia”

= = =

Penjelasan:

Sebuah video menunjukkan kegembiraan seorang anak kecil perempuan yang mendengar suara bom ataupun tembakan bersama ayahnya. Diklaim bahwa ayah asal Palestina sedang menghibur putrinya bahwa suara bom ataupun tembakan tersebut adalah suara mainan, sehingga ia tertawa.

Setelah ditelusuri ayah dan putrinya dalam video tersebut bukanlah orang Palestina yang sedang terjadi peperangan dengan Israel, melainkan orang Suriah yang sudah terpublikasi pada YouTube Guardian News pada Februari 2020. Sehingga tidak ada kaitannya dengan konflik yang terjadi di Palestina.

Pada deskripsi video YouTube tersebut, seorang ayah asal Suriah yang bernama Abdullah Mohammad mencoba menghibur putrinya, tahun bernama Salwa yang saat itu berusia 3, agar tidak trauma dengan mengatakan kepadanya bahwa suara bom adalah bagian dari permainan.

Dengan demikian, video seorang ayah asal Palestina menghibur putrinya ketika ada suara bom adalah tidak benar dengan kategori Konteks yang Salah.

= = =

Referensi:

= = =