[SALAH] “Rohingya dan Inggris Datang ke Myanmar untuk Menjajah Kemudian Rohingya Tinggal di Sana”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya etnis Rohingya sudah secara turun-temurun tinggal di Rakhine, Myanmar. Namun mereka menjadi korban genosida yang dilakukan Pemerintah Myanmar sejak 1970-an.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/EWAgd

= = =

Narasi:

“Rohingya dan Inggris datang ke myanmar untuk menjajah kemudian rohingya tinggal disana. Nahhhh!! Sekarang rohingya berduyun-duyun dikirim ke Indonesia dengan motif yang kontras. Menjajah Indonesia.”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah kabar di Facebook yang mengklaim bahwa Rohingya bersama Inggris datang ke wilayah Myanmar untuk menjajah, dan kemudian Rohingya tinggal di Myanmar.

Setelah ditelusuri, dilansir dari Kompas.id menyebut bahwa etnis Rohingya secara turun-temurun tinggal di Rakhine, Myanmar. Mengutip dari Kompas.com, genosida secara sistematis dilakukan oleh Pemerintah Myanmar kepada etnis Rohingya dimulai sejak 1970-an.

Puncaknya pada awal 1980-an, Pemerintah Myanmar resmi menyatakan bahwa Rohingya bukan etnis yang diakui. Perlakuan tersebut didasari oleh sentimen rasial dari warga Myanmar yang mayoritas memeluk agama Buddha, sedangkan etnis Rohingya mayoritas beragama Islam.

Terkait penjajahan Inggris, dilansir dari Kumparan.com, pada 1826 Inggris berhasil mencaplok wilayah Myanmar termasuk Arakan (sekarang Rakhine) yang mana pada wilayah tersebut terdapat komunitas Muslim yang dikenal sebagai Rohingya. Arakan sendiri berada di Myanmar Barat yang berbatasan langsung dengan Bangladesh.

Dengan demikian, Rohingya bersama Inggris menjajah Myanmar dan tinggal di sana adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.id/baca/riset/2023/11/30/rohingya-dan-komitmen-indonesia-lindungi-pengungsi-dunia?open_from=Tagar_Page

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/12/18/194900382/-hoaks-rohingya-bukan-penduduk-asli-myanmar?page=all#page2

https://kumparan.com/kumparannews/akar-kebencian-terhadap-rohingya-adalah-politik-kolonialisme-inggris-21kTQEJRZHn/1

= = =