[SALAH] Surya Paloh Menyesal Dukung Anies Sebagai Capres

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Surya Paloh menyesal telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres dalam Pemilu 2024 merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, tidak ditemukan informasi dan bukti kredibel mengenai klaim tersebut.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1703644034.94827/index.html (TikTok)

=======

[NARASI]: “Anies gak ada Prestasinya . . . SURYA PALOH nyesel Seumur Hidup Sudah Mendeklarasikan ANIES BASWEDAN Sebagai CAPRES Dari Partai NASDEM – Seorang Ahmad Dhani Aja Tau Kalau ANIES BASWEDAN itu Cuma Bisanya Pencitraan Aja:rolling_on_the_floor_laughing::rolling_on_the_floor_laughing::rolling_on_the_floor_laughing: , Sedangkan Prestasi Aja Ga Ada :joy::joy::joy:

=======

[PENJELASAN]:

Akun TikTok antonIIrawan0 (@antoniirawan0) mengunggah video dengan klaim bahwa Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Surya Paloh, menyesal karena telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres yang diusung oleh Partai Nasdem.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya tidak ditemukan informasi dan bukti kredibel mengenai Surya Paloh yang menyesal dukung Anies sebagai Capres seperti yang tertulis pada judul unggahan.

Cuplikan video yang ditampilkan oleh akun TikTok tersebut nyatanya diambil dari kanal YouTube milik musisi Ahmad Dhani, Video Legend, ketika melakukan wawancara dengan Ricky Tamba sebagai aktivis 1998 dan Zhang Wei Jian sebagai aktivis Tionghoa. Dalam video, keduanya mengkritik kinerja Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Sumber: Video Legend (YouTube)

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh akun TikTok @antoniirawan0 merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://moots.suara.com/read/2023/05/10/111642/cek-fakta-surya-paloh-nyesel-usung-anies-baswedan-nasdem-takut-ditinggal-pendukung-jokowi-benarkah
https://nasional.kompas.com/read/2022/10/22/13282671/surya-paloh-tak-ada-yang-salah-calonkan-anies-cuma-enggak-disukai-aja