[SALAH] Email Undangan Seleksi Kerja PT. KAO Indonesia

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Konten palsu. PT Kao Indonesia tidak pernah meminta uang, menjanjikan pengembalian dana akomodasi, transportasi, konsumsi dan sebagainya dalam pelaksanaan proses seleksi tenaga kerja.

=====

[KATEGORI]: Konten Tiruan

=====

[SUMBER]: Email

=====

[NARASI]:

“Berdasarkan hasil evaluasi Recruitment mengenai berkas lamaran anda yang sudah kami terima via Online sudah dinyatakan lulus kualifikasi, Silahkan hadir diwaktu yang sudah ditentukan.”

(Lanjutan narasi setelah referensi)

=====

[PENJELASAN]:

Modus penipuan melalui email undangan seleksi kerja kembali beredar. Salah satunya adalah undangan seleksi kerja yang diklaim berasal dari PT KAO Indonesia.

Dalam email yang dikirimkan, pelaku mengundang korban untuk melakukan proses Medical Check Up (MCU) dan Test Fisik yang dilakukan di lokasi perusahaan. Korban kemudian diarahkan untuk melakukan pembayaran untuk registrasi sebelum pelaksanaan MCU dan Test Fisik.

Dikutip dari laman resminya, PT KAO Indonesia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih berhati-hati dan waspada terhadap segala bentuk penipuan terkait proses seleksi calon tenaga kerja yang mengatasnamakan PT Kao Indonesia dan atau menggunakan identitas karyawan PT Kao Indonesia.

Berikut ini adalah pengumuman resmi dari PT Kao Indonesia sehubungan dengan proses seleksi calon tenaga kerja:

  1. PT Kao Indonesia tidak pernah meminta uang, menjanjikan pengembalian dana akomodasi, transportasi, konsumsi dan sebagainya dalam pelaksanaan proses seleksi tenaga kerja.
  2. PT Kao Indonesia tidak pernah bekerjasama dengan pihak biro perjalanan manapun dalam pelaksanaan proses seleksi tenaga kerja.
  3. Informasi undangan wawancara seleksi tenaga kerja akan disampaikan melalui :

Human Capital Development PT Kao Indonesia
Nomor telepon : 021 7982245
E-mail : HCDRecruitment@kao.co.id
Website : www.kao.com/id

=====

[REFERENSI]:

(Lanjutan narasi)

Hari/Tanggal: Kamis 21 Desember 2023
Waktu: 08.30 S/d Selesai
Posisi: Operator Produksi – Quality Control
Perihal: MCU & Tes Fisik
Lokasi: PT. KAO Indonesia ( Plant Karawang )
Alamat: J7CV+FCM, Karawang International Industrial City (KIIC) JI. Harapan Raya VI, Lot. LL-3A, Sirnabaya, Telukjambe Timur, Karawang, Jawa Barat 41361.
Persyaratan:

  1. Membawa Cv lamaran kerja
  2. Membawa alat tulis
  3. Menggunakan pakaian hitam putih

Ketentuan:

  1. Untuk mengikuti proses tersebut dikenakan biaya registrasi untuk mengambil no peserta MCU yang akan dilaksanakan pada hari yang sudah ditentukan.
  2. Pembayaran registrasi peserta MCU Rp. 85.000.
  3. Untuk pembayaran melalui E-wallet (DANA) 0878-1634-5485
  4. Jika sudah melakukan pembayaran wajib konfirmasi nama pengirim, nama peserta, dan bukti transfer diΒ bkkjakartasolution@gmail.com.
  5. Batas pembayaran peserta 21.00″