[SALAH] Banjir Bandang Mengerikan Hanyutkan Rumah Ibadah dan Lenyapkan Puluhan Orang

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa bencana banjir bandang mengerikan telah menghanyutkan rumah ibadah dan melenyapkan puluhan orang merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator hanya membaca ulang artikel dari dua peristiwa yang tidak saling berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1703485289.636651/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “Terdampar… TEMPAT IBADAH HANYUT,BANJIR BANDANG MENGERIKAN LENYAPKAN PULUHAN WARGA”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube CCTV BENCANA (@bencanaalam294) pada 22 Desember 2023 mengunggah video dengan klaim bahwa bencana banjir bandang yang mengerikan telah menghanyutkan tempat ibadah dan melenyapkan puluhan orang.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya narator hanya membaca ulang artikel dari dua peristiwa yang tidak saling berkaitan.

Pertama, artikel milik Berita Satu berjudul “Banjir Bandang dan Longsor Landa Kabupaten Solok”. Bencana yang terjadi pada 20 Desember 2023 di Kabupaten Solok, Sumatera Barat tersebut mengakibatkan kerusakan pada enam jembatan umum dan hanyutnya satu pabrik tahu.

Sumber: Berita Satu

Kedua, artikel milik medcom.id berjudul “Banjir Landa Timur Laut Australia, Ratusan Orang Dievakuasi”. Diketahui bahwa banjir bandang yang melanda timur laut Australia pada 18 Desember 2023 telah mengakibatkan kerusakan di sepanjang garis pantai yang melintasi Queensland Utara. Diketahui pula bahwa tim penyelamat telah mengevakuasi lebih dari 300 orang dan tidak ada WNI yang terdampak banjir tersebut.

Sumber: medcom.id

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube CCTV BENCANA merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.beritasatu.com/nusantara/2789837/banjir-bandang-dan-longsor-landa-kabupaten-solok
https://sumbar.inews.id/berita/banjir-bandang-terjang-solok-6-jembatan-ambruk-ratusan-warga-terisolasi
https://www.medcom.id/foto/internasional/GNlP2dGN-banjir-landa-timur-laut-australia-ratusan-orang-dievakuasi
https://www.liputan6.com/global/read/5484537/banjir-terjang-queensland-di-australia-kbri-canberra-tidak-ada-wni-terdampak