[SALAH] Sebuah Truk Menabrak Pengunjuk Rasa Pro-Palestina di Los Angeles

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konteks yang salah. Video tersebut diambil saat protes Black Lives Matter di Oklahoma pada 2020 lalu, bukan saat demo gencatan senjata Gaza di Los Angeles baru-baru ini.

=====

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/pzfg4

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Seorang sopir truk yang diserang oleh pengunjuk rasa pro-Palestina menabrak salah satu dari mereka di jalan tol Los Angeles”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter bercentang biru @jj_taking (Joni Job) mengunggah video yang menunjukkan sebuah truk menabrak sekumpulan pengunjuk rasa yang memblokir jalan saat berdemo. Joni Job menklaim bahwa video itu diambil saat demo pro-Palestina di Los Angeles yang terjadi baru-baru ini. Cuitan dan video yang diunggah pada 16 Desember tersebut telah disukai 55 orang, dikutip dan dibagikan ulang 21 kali, serta telah dilihat 1,438 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut salah. Kepala Meteorologi KJRH Tulsa, Mike Collier, mengunggah video yang sama persis di Twitter pribadinya pada 1 Juni 2020 dengan keterangan bahwa insiden itu terjadi di I-244, sebuah jalan tol antar negara bagian di Tulsa, Oklahoma.

Selain itu, video yang sama juga pernah diberitakan oleh NBC News di laman YouTube resminya pada 2 Juni 2020 dengan judul “Truck Plows Into Group of Oklahoma Protesters”.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @jj_taking (Joni Job) merupakan konteks yang salah.

=====

Referensi:
https://twitter.com/MikeCollierWX/status/1267256431222366210


https://www.youtube.com/watch?v=K8Eq40mHGQ0