[SALAH] Produk dengan Kode Awalan Barcode 729 Dibuat di Israel

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Tiga angka awal pada kode barcode produk tidak menunjukkan di mana produk tersebut dibuat.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/IhX5d

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Retweet dan jangan pernah membeli produk dengan nomor ini. 729”.

“Bagaimana caranya mengetahui sebuah produk telah dibuat di Israel? 729 = dibuat di Israel”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @Naila_Ayad menyebarluaskan informasi melalui cuitannya yang menjelaskan bahwa kode barcode pada sebuah barang yang berawalan 729 memiliki arti bahwa produk / barang tersebut dibuat di Israel. @Naila_Ayad juga mengimbau pengikutnya di Twitter untuk membagikan ulang informasi tersebut dan jangan pernah membeli barang dengan kode awalan 729. Cuitan yang ditulis pada 25 November tersebut telah disukai 9,319 orang, dikutip dan dibagikan ulang hampir 9,000 kali, serta telah dilihat sebanyak 253,600 kali.
Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Telah banyak misinformasi mengenai arti dari tiga angka awal pada kode barcode sebuah barang, salah satunya pernah dibahas oleh AFP Fact Check. Melansir dari artikel berita yang ditulis AFP Fact Check tersebut, prefix / awalan pada kode barcode tidak menunjukkan di mana barang tersebut dibuat, melainkan di mana perusahaan yang membuat kode barcode itu berasal. Informasi tersebut diberikan oleh Shannon Sullivan yang merupakan direktur senior sebuah organisasi nirlaba di AS yang bertugas menerbitkan awalan / prefix untuk kode barcode. Pernyataan Shannon Sullivan berbunyi sebagai berikut:

“The Company prefix does not determine the country in which a product was manufactured – it only indicates the country where the company prefix was obtained”.

Menurut laman resmi GS1 Company Prefix yang memang bertugas untuk membuat awalan kode-kode barcode tersebut, kode awalan 729 menunjukkan GS1 Israel. Bahkan pada laman perusahaan GS1 tersebut dijelaskan bahwa GS1 Prefixes tidak mengidentifikasi negara asal suatu produk tertentu.

Selain itu, informasi serupa juga pernah dibahas oleh turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Kode Barcode Berawalan Angka 729 Merupakan Produk Israel” dan dikategorikan sebagai konteks yang salah.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @Naila_Ayad merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://factcheck.afp.com/barcodes-do-not-tell-consumers-where-product-was-manufactured


https://www.gs1.org/standards/id-keys/company-prefix


https://turnbackhoax.id/2023/11/08/salah-kode-barcode-berawalan-angka-729-merupakan-produk-israel/