[SALAH] Prof Suparman Usman minta tidak akses Google dan Youtube

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Informasi mengenai Prof Suparman Usman minta tidak akses Google dan Youtube merupakan hoaks. Faktanya, Prof Suparman Usman menegaskan bahwa ia tidak pernah mengeluarkan pernyataan tersebut.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1703121172.901039/index.html

= = = = =

NARASI:

“Kata nya cinta sama rasulullah kok ngeliat orang yg kita cinta di hina malah diem ajh,yuk sini bagikan inpo ini ke teman klian hhe😔🌷
INFO PENTING dari Prof. DR. H. Suparman Usman (Dosen Guru Besar IAIN SMHB Serang & Untirta Srg).‼️ berikut ini :
Hari ini dan besok jgn access Google & Youtube karena Google dan Youtube akan melounching film trailer degrading Nabi Muhammed SAW..The movie trailer is very very insulting…… PENTING…!Hari ini dan besok mohon dengan sangat untuk tidak masuk ke portal GOOGLE dan YOUTUBE karena mereka akan menayangkan film yg menghina Rasulullah SAW. Kalau ada 1,5 juta orang yang tidak membuka portal tersebut maka mereka akan rugi 210 juta dolar US. Kalau kita cinta Rosulullah SAW, tolong sebarkan info ini kpd ummat islam. . . Mulai hari ini utk 2 hari, semua MUSLIM diminta berhenti menggunakan GOOGLE dan YOUTUBE krn mreka enggan utk menamatkan film yg menghina Nabi kita MUHAMMAD SAW. Ambil waktu lebih kurang 5 menit utk sebarkan WA ini agar kita bisa mnjawab pertanyaan dari Allah SWT apabila ditanya apa yg kita buat bila Nabi kita dijadikan bahan lelucon. Harap anda tidak mmbiarkan info ini berhenti di anda.
Mohon dishare…”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook ʚLyyɞ memposting sebuah informasi dengan narasi Prof. DR. H. Suparman Usman yang merupakan Dosen Guru Besar UIN Sultan Maulana Hasanuddin, mengatakan untuk tidak mengakses Google dan Youtube. Hal tersebut karena Google dan Youtube menayangkan film yang di klaim menghina Rasulullah SAW. Postingan tersebut diunggah pada 9 Desember 2023 pukul 20.59.

Setelah ditelusuri, menggunakan kata kunci Prof. DR. H. Suparman Usman minta tidak akses Google dan Youtube ditemukan artikel milik Tempo berjudul “Keliru, Pesan Berantai dari Profesor Suparman Usman Ajak Masyarakat Boikot Google dan YouTube” 16 Desember 2023 pukul 13.44. Prof Usman menegaskan bahwa ia tidak mengeluarkan statement untuk boikot Google dan Youtube. “Itu bukan dari saya, nggak tahu itu dari mana asalnya, kok muncul nama saya,” kata Prof Usman, Jumat, 15 Desember 2023 saat dikonfirmasi oleh Tim Tempo. Prof Usman menjelaskan dirinya setiap hari mengajar Ilmu Hukum di Untirta dan UIN Sultan Maulana Hasanuddin, Banten dan tidak memiliki urusan dengan isu-isu yang disebarkan melalui narasi tersebut.

Dengan demikian informasi mengenai Prof Suparman Usman minta untuk tidak akses Google dan Youtube merupakan hoaks. Prof Suparman Usman menegaskan bahwa ia tidak pernah mengeluarkan pernyataan tersebut, sehingga masuk dalam kategori konten palsu.

REFERENSI:
https://cekfakta.tempo.co/fakta/2622/keliru-pesan-berantai-dari-profesor-suparman-usman-ajak-masyarakat-boikot-google-dan-youtube