[SALAH]: Gibran bawa uang sekarung untuk bagi-bagi di pondok Kyai Said

Hasil periksa fakta Raka.

[FAKTANYA]: Video Cawapres Gibran sedang bertemu Kyai Said untuk bagi-bagi uang adalah tidak benar. Video tersebut telah dimanipulasi dengan kalimat yang memprovokasi.

===

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan.

===

[SUMBER]: https://ghostarchive.org/archive/N5HfL

===

[NARASI]: Gibran bawa uang sekarun untuk di bagi2 di pondok Kyai Said, di mana ini bawaslu

===

[PENJELASAN]: Beredar sebuah video singkat yang menampilkan Cawapres Gibran sedang memasuki sebuah ruangan di pondok Kyai Said. Terdapat narasi yang di tambahkan di video yang menjelaskan alasan Gibran datang adalah untuk bagi-bagi uang di pondok tersebut.

Setelah dilakukan penelusuran, video dengan narasi tersebut adalah tidak benar.

Said Aqil selaku mantan ketua umum PBNU menerima kunjungan Gibran di Ponpes Al-Tsaqafah. Adapun maksud kedatangan Gibran ke pondok pesantren tersebut adalah untuk memberikan dukungan untuk program pesantren yang lebih baik. Hal tersebut tidak hanya dilakukan oleh Gibran saja tetapi juga dilakukan oleh ketiga pasangan Capres dan Cawapres.

Adapun amplop yang berada didalam karung tersebut bukanlah uang melainkan gantungan kunci yang akan dibagikan kepada santri-santri di Pondok Pesantren tersebut.Dengan demikian, video yang memperlihatkan Gibran bagi-bagi uang di Pondok Kyai Said adalah tidak benar dengan kategori konten yang Menyesatkan.

===

[REFERENSI]: https://news.detik.com/pemilu/d-7082483/terima-kunjungan-gibran-di-ponpes-al-tsaqafah-said-aqil-tegaskan-netral

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/nasional/read/2023/12/10/22392661/gibran-klaim-dapat-arahan-dari-said-aqil-siradj