[SALAH] Lee Da Yeong Tak Bergerak Saat Terkena Smash dari Megawati Hangestri

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa atlet voli Korea Selatan bernama Lee Da Yeong tidak bergerak ketika terkena smash dari Megawati Hangestri merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, judul dan thumbnail tersebut berbeda dengan isi dan narasi dalam video.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1702523666.124815/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “Detik – Detik Semua Panik, Lee Da Yeong Tak Bergerak Saat Terkena Smash Dari Megawati Hangestri”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube Curhatan Artis (@rtis140) pada 21 November 2023 mengunggah video dengan klaim bahwa Lee Da Yeong, atlet voli Korea Selatan dengan julukan ‘Dewi di Lapangan Voli’ tak bergerak saat terkena smash dari anggota tim voli Red Sparks asal Indonesia, Megawati Hangestri.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya judul dan thumbnail tersebut berbeda dengan isi dan narasi dalam video.

Pada kenyataannya, isi video tersebut membahas mengenai nama Megawati yang sedikit tercoreng akibat aksi suporter Indonesia yang bertandang ke tempat pertandingan voli. Aksi suporter tersebut menuai beberapa kritikan dari penggemar lokal, salah satunya adalah aksi ketika beberapa suporter menggunakan senter ponsel untuk mengganggu pemain Pepper Savings Bank.

Sumber: CNN Indonesia

Lebih lanjut, tidak ditemukan informasi resmi dan bukti valid mengenai Lee Da Yeong yang terkena smash dari Megawati seperti yang tertulis pada unggahan.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube Curhatan Artis merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20231106075023-178-1020351/viral-suporter-megawati-diprotes-fans-bola-voli-korea
https://www.kompas.com/tren/read/2023/11/08/123000265/media-korsel-kritik-suporter-megawati-hangestri–bawa-papan-berbau-politik?page=all
https://jatim.tribunnews.com/2023/11/08/tingkah-suporter-megawati-hangestri-bikin-klub-voli-korea-selatan-gerah-red-sparks-keluarkan-aturan