[SALAH] Jokowi Tuai Pujian Setelah Batalkan Gibran Sebagai Cawapres

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video dengan klaim bahwa Presiden Joko Widodo mendapatkan pujian setelah buat keputusan untuk membatalkan Gibran Rakabuming sebagai Cawapres merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, judul tersebut berbeda dengan isi dan narasi dalam video.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1702535183.172786/index.html (TikTok)

=======

[NARASI]: β€œJOKOWI NYATAKAN MUNDUR – KEPUTUSAN JOKOWI BATALKAN GIBRAN TUAI PUJIAN jangan plin plan dong pakde #fyp #pilpres2024 #trendingvideo #viral #gibran #jokowi #KELUARGA”

=======

[PENJELASAN]:

Akun TikTok @infograndong mengunggah video dengan judul yang mengklaim bahwa Presiden Joko Widodo mendapatkan pujian setelah membuat keputusan untuk membatalkan Gibran Rakabuming sebagai Cawapres dalam Pilpres 2024.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya tidak ditemukan informasi mengenai keputusan Jokowi untuk membatalkan Gibran seperti yang tertulis pada judul unggahan.

Narator dalam video nyatanya hanya membaca ulang artikel milik Media Indonesia berjudul “Kader PDIP Desak Jokowi dan Gibran Segera Mundur dari Partai”. Dalam artikel diberitakan mengenai desakan dari seorang politisi PDI Perjuangan (PDIP), Ferdinand Hutahaean, agar Jokowi dan Gibran segera mundur sebagai anggota PDIP.

Sumber: Media Indonesia

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh akun TikTok @infograndong merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/623397/kader-pdip-desak-jokowi-dan-gibran-segera-mundur-dari-partai