[SALAH] Bencana Puting Beliung Hancurkan Kota Mekkah

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa bencana angin puting beliung telah menghancurkan Kota Mekkah merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator hanya membaca ulang artikel dari dua peristiwa yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1702533786.500465/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “Ringsek… KOTA MEKKAH HANCUR,PUTING BELIUNG GULUNG RATUSAN RUMAH HINGGA BERHAMBURAN”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube CCTV BENCANA (@bencanaalam294) pada 6 Desember 2023 mengunggah video yang mengklaim bahwa bencana angin puting beliung telah menghancurkan Kota Mekkah, Arab Saudi.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya narator dalam video hanya membaca ulang artikel dari dua peristiwa yang tidak saling berkaitan.

Pertama, artikel berjudul “Hujan Lebat dan Menara Jam Makkah Tersambar Petir, Jemaah Umrah Tetap Kelilingi Ka’bah”. Artikel milik Liputan 6 tersebut memberitakan mengenai hujan lebat disertai badai petir yang melanda beberapa bagian di wilayah Mekkah pada 22 Agustus 2023.

Sumber: Liputan 6

Kedua, artikel berjudul “Ganasnya Puting Beliung Porak Poranda Puluhan Rumah di Dusun Derso Kerjo Karanganyar, Listrik Padam”. Artikel milik iNews Karanganyar tersebut memberitakan mengenai bencana angin puting beliung yang terjadi pada Desember 2022 di Dusun Derso, Desa Sumberejo, Kerjo, Karanganyar, Jawa Tengah.

Sumber: iNews Karanganyar

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube CCTV BENCANA merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.liputan6.com/global/read/5378006/hujan-lebat-dan-menara-jam-makkah-tersambar-petir-jemaah-umrah-tetap-kelilingi-kabah?page=1
https://karanganyar.inews.id/read/224019/ganasnya-puting-beliung-porak-poranda-puluhan-rumah-di-dusun-derso-kerjo-karanganyar-listrik-padam/2