[SALAH] Video Siswi SMA Melahirkan saat UAS di Sampang, Madura

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Video siswi yang ditampilkan dalam unggahan TikTok tersebut bukan siswi yang melahirkan di Sampang. Hingga saat ini identitas siswi tersebut dirahasiakan karena masih di bawah umur dan masih dalam proses penyelidikan oleh Polres Sampang.

=====

[KATEGORI]: Konteks yang Salah

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1701765534.978564/index.html (TikTok)

=====

[NARASI]: “Ngeri ya anak sekolah zaman sekarang”

=====

[PENJELASAN]:

Akun TikTok @winn.softboy mengunggah video dengan klaim seorang siswi SMA di Sampang, Madura melahirkan pada saat ujian akhir semester. Dalam unggahan tersebut terdapat dua cuplikan video yang digabungkan. Cuplikan pertama adalah tangkapan layar dari unggahan kanal Youtube Seputar iNews dan cuplikan kedua terlihat seorang siswi menggunakan seragam SMA dengan narasi tertulis “Mau lahiran guys temen gue di sekolahan 

:sob:
:sob:
:sob:

.”

Dengan unggahan video tersebut membuat warganet berasumsi bahwa seorang siswi yang terdapat pada cuplikan kedua merupakan siswi yang melahirkan di Sampang, Madura.

Hal tersebut langsung dibantah oleh siswi yang bersangkutan. Melalui cuitan di akun Twitter/X akun @deepdops, ia menegaskan bahwa ia bukanlah siswi yang melahirkan pada saat ujian seperti yang dinarasikan dalam unggahan TikTok. Ia juga menjelaskan bahwa benar cuplikan kedua tersebut memang dirinya, namun video tersebut diambil pada saat ia mengalami luka setelah terjatuh di sekolah. Sedangkan narasi yang dituliskan hanyalah candaan yang diberikan oleh temannya.

Sebelumnya diberitakan, seorang siswi SMA Negeri 1 Sampang melahirkan di dalam ruang kelas, pada 30 November 2023. Siswi tersebut bahkan melahirkan saat sedang melaksanakan ujian. Hingga saat ini identitas siswi tersebut dirahasiakan karena masih di bawah umur dan masih dalam proses penyelidikan oleh Polres Sampang.

=====

[REFERENSI]:

– https://twitter.com/deepdops/status/1731905840091906099?s=46https://www.youtube.com/watch?v=PsAY1b-Cu28
– https://www.youtube.com/watch?v=PsAY1b-Cu28
– https://www.detik.com/jatim/hukum-dan-kriminal/d-7068284/siswi-di-sampang-melahirkan-di-kelas-saat-ujian-siapa-ayah-si-bayi