[SALAH] Akun Facebook Gubernur Kepri “Haji Ansar Ahmad SE” Menawarkan Bantuan

hasil periksa fakta Rahmah an.

Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi dan Kehumasan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kepri Trio MENEGASKAN AKUN Facebook tersebut bukan milik Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/KONTEN TIRUAN

===
Sumber Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1701573805.192915/index.html

NARASI:
“Assalamualaikum wr wb”
“Wlkumsalam Ya pk gubernur kepri.”
“Maaf mengganggu waktunya sebentar ?. Saya mau menyalurkan dana amanah dari keluarga saya untuk pembangunan atau renovasi rumah ibadah, tempat pendidikan dan yayasan… Jika ada info mengenai hal tersebut tolong dikabari atau diinfo langsung?”
“Subhanallah. Siap pk gubernur. Di komplek yg sy tinggali, Kebetulan ad amushola yg perlu dan butuh biaya unt pembangunan PERUMAHAN PONDOK INDAH IDAMAN SIMPANGKARA BATAM CENTER. Nnt sy coba soundingkan dg pengurus dan warga muslim lainnya.”
“allhamdullilah kalua ada. Mohon ijin, Bisa di bantu kirim foot pembangunan/renovasi & alamat lengkap, serta nomor rekening Lembaga atas nama tempat ibadah ke nomer WA saya. Bisa lanjut ke nomor WA saya 085847406439 “H. Ansar Ahmad, SE., MM”

===
PENJELASAN:
Telah beredar akun Facebook Gubernur Kepulauan Riau “Haji Ansar Ahmad SE”. Akun terebut menggunakan karikatur wajah Ansar Ahmad yang dipasang sebagai foto profilnya dan mengirimkan pesan kepada pengguna Facebook lalu menawarkan bantuan pembangunan atau renovasi tempat ibadah, tempat Pendidikan, atau Yayasan. Selain itu akun Facebook ini juga mencantumkan nomor WhatsApp 0858 4740 6439 untuk melanjutkan komunikasinya melalui WhatsApp mengirimkan persyaratan diantara lain foto tempat, alamat, nomor rekening.

Faktanya akun Facebook tersebut palsu. Dilansri dari rri.co.id, Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi dan Kehumasan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kepri Trio Andana menegaskan akun Facebook tersebut bukan milik Gubernur Kepri Ansar Ahmad, “Saya pastikan akun FB itu bukan milik Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad. Dalam hal ini nama Gubernur dan fotonya dicatut oleh orang yang tidak bertanggungjawab dan untuk keperluan tertentu,” .

Trio mengimbau kepada masyarakat Kepri agar tidak mudah tertipu dan selalu kroscek akun-akun yang mengatasnamakan pejabat pemerintahan. Sehingga akun Facebook Gubernur Kepri “Haji Ansar Ahmad SE”
adalah palsu dan masuk kategori konten tiruan.

===
REFERENSI:
https://www.rri.co.id/cek-fakta/465276/waspada-penipuan-mencatut-nama-gubernur-kepri-lewat-facebook

https://www.instagram.com/p/C0RXfq1xohu/?igshid=ZWQ3ODFjY2VlOQ==