[SALAH]: “WARGA SOLO ANCAM DEMO BESAR-BESARAN KE GIBRAN”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang menyesatkan, faktanya pada thumbnail tersebut merupakan aksi demo Topo Bisu di rumah dinas Wali Kota Solo pada senin 16 September 2023.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1701873554.474535/index.html

=====

[NARASI]: Mem4nas !! Gibran V-s R4kyat Masuk Babak Baru, Warga So1o 4nc4m Dem0 Bes4r-Bes4ran

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah unggahan video di media sosial Facebook dengan nama pengguna “Parameter Major” mengunggah video dengan narasi warga Solo ancam demo besar-besaran ke Gibran.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Thumbnail video merupakan hasil rekayasa, Gambar tersebut identik dengan artikel milik suara.com dengan judul artikel “Apa Itu Topo Bisu? Ada Demo ‘Aneh’ yang Digelar di Rumah Dinas Gibran”.

Salah satu klip pada video yang menampilkan sosok Yunarto Wijaya yang sedang memberikan penjelasan  tentang pidato pertama Gibran sebagai cawapres.

Video tersebut identik dengan video ungghan milik KOMPASTV dengan judul video “Analisis Pengamat Politik, Yunarto Wijaya Soal Ucapan Gibran ‘Tenang Pak Prabowo, Saya di Sini.

Dengan demikian, klaim tentang warga Solo ancam demo besar-besaran ke Gibran adalah salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://www.suara.com/lifestyle/2023/10/17/150500/apa-itu-topo-bisu-ada-demo-aneh-yang-digelar-di-rumah-dinas-gibran
https://www.youtube.com/watch?v=mkJSWHGMobA